Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



BATAM, Realitasnews.com - Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Pengelola Pelabuhan Batam selaku pengelola Pelabuhan Batu Ampar mengerahkan personel pengamanan tambahan di Pelabuhan Batu Ampar, guna menjamin keamanan dan kenyamanan calon penumpang kapal Pelni yang akan mudik ke kampung halamannya menjelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

“Setiap hari raya seperti Idul Fitri ataupun Natal dan Tahun Baru memang selalu ada penambahan personel pengamanan dan penyiapan fasilitas pelabuhan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi calon penumpang. Selain itu, kami juga melibatkan personel dari multi sektoral. Jumlah armada bus juga kami koordinasikan agar mencukupi jumlah penumpang,” ujar Direktur Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Nasrul Amri Latif, pada Senin (23/12).

Nasrul merinci, jumlah personel pengamanan yang disiagakan Badan Pengelola Pelabuhan Batam pada momen Natal dan Tahun Baru 2020 ini mencapai 40 orang. Jumlah ini sendiri pengalami peningkatan 40 persen dari jumlah yang biasa dikerahkan saat jadwal kedatangan dan keberangkatan Kapal Pelni.

Tambahan personel ini disiagakan sejak H-7 Natal yakni 19 Desember 2019 hingga H+7 Tahun Baru yakni 8 Januari 2020. 

Nasrul memperkirakan arus puncak mudik Nataru 2020 terjadi pada Senin (23/12/2019) dan arus balik terjadi pada Minggu (5/1/2020).

“Fokus kami saat ini memang Pelni karena kepadatan calon penumpang tahun 2019 meningkat tajam dari tahun-tahun sebelumnya. Ada juga pengamanan dari instansi lainnya seperti LANAL, maupun Kepolisian. Tetapi sebagai pengelola pelabuhan, BP Batam bertanggung jawab penuh untuk pengamanan Pelabuhan Batu Ampar,” ujar Nasrul.

Sementara itu, untuk pengamanan kawasan pelabuhan BP Batam lainnya seperti Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur tetap berjalan normal tanpa tambahan personel. 

Meski demikian, Nasrul mengaku siap mengerahkan anggota pengamanan tambahan jika kepadatan penumpang di pelabuhan lainnya melonjak tajam.

Ia pun menghimbau kepada calon penumpang kapal untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima, mengingat cuaca yang sedang kurang bersahabat dalam beberapa pekan terakhir. Nasrul juga mengingatkan agar calon penumpang dapat datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan dan membawa barang seperlunya agar nyaman saat melakukan perjalanan. 

“Saya mewakili seluruh jajaran BP Batam mengucapkan, selamat merayakan Hari Natal bagi Anda yang merayakan, dan semoga Tahun Baru ini memberi harapan baru untuk kita semua agar lebih sukses dan maju,” tutup Nasrul. 

(Humas BP Batam/fpn/rud)

Posting Komentar

Disqus