Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



ASAHAN, Realitasnews.com - Masyarakat yang tinggal di Rusunawa Kel. Sei Renggas Kec. Kota Kisaran Barat, Jum'at (27/12/2019) di kunjungi oleh Bupati Asahan, Ketua TP PKK Kab. Asahan, OPD, Camat Kec. Kota Kisaran Barat, Lurah Kel. Sei Renggas. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka silaturahmi sekaligus syukuran atas penyerahan Rusunawa dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kab. Asahan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kab. Asahan M. Azmy Ismail, AP, M. Si dalam laporannya mengatakan bahwa Rusunawa ini terdiri dari 4 Twin Block (TB), dan masing-masing Twin Block terdiri dari 99 Unit Hunian.

“Saat ini jumlah penghuni Rusunawa sebanyak 251 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 4 TB tersebut,” ujar beliau.

Selanjutnya beliau juga memaparkan bahwa harga sewa rusunawa perhunian untuk lantai 1 Rp. 75.000,-/bulan (difabel), lantai 2 Rp. 120.000,-/bulan, lantai 3 Rp. 115.000,-/bulan, lantai 4 Rp. 110.000,-/bulan dan lantai 5 Rp. 107.000,-/bulan. Selain itu untuk tarif sewa non hunian yakni tarif sewa unit ruang usaha lantai 1 sebesar Rp. 27.500,- per meter per bulan, Ruang Serbaguna lantai 1 sebesar Rp. 200.000,-/hari dan tarif sewa tersebut tidak termasuk biaya listrik, air, gas dan sampah.

Beliau juga melaporkan bahwa saat ini rusunawa memiliki fasilitas utama di tiap hunian yang meliputi 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dapur dan ruang jemur serta dilengkapi juga dengan tersedianya ruang parkir dan ruang serbaguna. Selain itu, rusunawa juga memiliki fasilitas tambahan seperti lapangan futsal, lapangan voly, ruang klinik, ruang baca dan perpustakaan serta mushola. Di akhir laporannya beliau menyampaikan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Rusunawa, hingga 27 Desember 2019 sudah mencapai 100 persen.

 

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kab. Asahan akan terus berupaya untuk mewujudkan peningkatan kualitas rusunawa. Beliau juga menginstruksikan kepada Dinas terkait untuk segera merealisasikan permintaan penghuni rusunawa seperti kebutuhan terhadap petugas klinik, petugas ruang baca dan perpustakaan, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Selanjutnya beliau juga berharap agar masyarakat yang menempati rusunawa dapat menjaga kekerabatan yang ada diantara sesama penghuni rusunawa. “saya harap masyarakat di rusunawa ini dapat mencontoh keguyuban seperti yang diterapkan oleh masyarakat di desa, sehingga meskipun nantinya mungkin timbul suatu permasalahan di lingkungan rusunawa ini dapat diselesaikan dengan musyawarah dan kekeluargaan”, pungkas beliau.

Di akhir kunjungannya, Bupati Asahan beserta rombongan melihat fasilitas yang disediakan untuk penghuni rusunawa didampingi oleh seluruh rombongan. (Nes)

Post a Comment

Disqus