Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


LINGGA, Realitasnews.com
– Saat ini stok darah di kabupaten Lingga sangat minim, untuk mengantisipasi agar transfusi darah kepada pasien yang membutuhkan darah tidak terganggu Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga akan berupaya meningkatkan ketersediaan darah salah satunya dengan menghidupkan kembali PMI.
Kadinkes-PPKB Kabupaten Lingga, Syamsu Rizal saat ditemui sejumlah awak media pada Rabu (31/1/2018) mengatakan salah satu solusi yang ditempuh untuk meningkatkan stok darah adalah dengan mengaktifkan aktifitas Palang Merah Indonesia (PMI) yang telah menjalin kerjasama dengan Kepolisian Resort Lingga.
 
“Pemkab  Lingga sudah melakukan MoU dengan Kapolres Lingga terkait donor darah untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah,” kata Rizal.
 
Ia menyebutkan jika ada masyarakat yang membutuhkan golongan darah yang diperlukan pasien di RSUD Encik Mariyam dapat menghubungi Kapolres Lingga, nanti beliaulah (Kapolres) yang akan menyampaikan ke Mapolsek.
 
Selain itu pihak Dinkes-PPKB kabupaten Lingga, katanya, telah melakukan pertemuan dengan Bupati Lingga, terkait usulan untuk menghidupkan kembali organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lingga yang sudah demisioner yakni dengan melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) pemilihan ketua baru, sesuai dengan mekanisme yang telah ada.
 
“Kalau pengurus  PMI yang lama masa jabatannya sudah berakhir pada November 2017 yang lalu, sekarang harus dilakukan pemilihan ulang. Dalam beberapa hari ini saya akan ke Provinsi, melakukan koordinasi terkait pemilihan pengurus yang baru,” kata Rizal.
 
Menurutnya, agar PMI Kabupaten Lingga berjalan solid, perlu ketua yang kuat finansialnya dan berjiwa sosial. Karena organisasi tersebut memerlukan jiwa sosial yang tinggi demi kepentingan masyarakat.
 
“Ditubuh PMI itu perlu orang-orang berjiwa sosial dan harus memperkuat lini, supaya mereka tanggap dengan tanggung jawab mereka, dan insyaallah kantornya akan dibuka setiap hari bahkan 24 Jam,” tutupnya.
 
(mc/lian)

Posting Komentar

Disqus