Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com
– Direktur PT Perumahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya, Rani Fadillah menghadiri peresmian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang diresmikan  oleh Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang diwakili oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc yang dilakukannya dengan penguntingan pita dan pemberian kunci Rusunawa tersebut kepada penghuninya,  pada  Rabu ( 31/1/2018).

Peresmian Rusunawa yang terletak di jalan Taufan, Kisaran Barat, Asahan, Sumut ini juga dihadiri oleh Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman kabupaten Asahan, anggota DPRD komisi C, SKPD, Camat, Lurah Kades se Kabupaten Asahan serta penghuni Rusunawa.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang yang disampaikan oleh wakilnya, H Surya Bsc mengatakan Rusunawa ini cukup sederhana namun sangat layak untuk dihuni lantaran memiliki 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, memiliki ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan memilik dapur untuk memasak serta dilengkapi dengan ruangan untuk menjemur pakaian.

“ Rusunawa ini dibangun untuk mambantu masyarakat yang kurang mampu atau  berpenghasilan rendah dan pas pasan dan mereka dapat menikmati sebagai  tempat tinggal yang layak huni. Untuk itu saya sangat mengharapkan penghuni Rusunawa ini dapat menjaga kebersihan dan selalu menjaga kerukunan antar sesama penghuni, “ pinta Surya

 
Rusunawa ini, dikatakannya, tidak gratis tetapi ini disewakan dengan biaya sangat murah yang nantinya akan menjadi Pendapatan Daerah.

Ia mengharapkan agar penghuni Rusunawa ini tidak menjadikannya sebagai sarang atau lokasi transaksi narkoba atau menjadikannya tempat prostitusi maupun tempat perjudian.
 
“ Saya harapkan agar Dinas Perkim Asahan selaku pengelola untuk dapat mengambil tindakan tegas kepada siapa saja yang melanggar aturan yang ada , dan segera mengeluarkannya,” tegasnya.
 
Sementara itu Direktur PT Perumahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Rani Fadillah dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas peresmian Rusunawa ini.
 

Ia mengatakan bahwa pembangunan Rusunawa di Asahan ini melalui proses yang cukup panjang dan ia mengharapkan penghuni Rusunawa ini selalu menjaga kenyamanan dan ketentraman  serta harus merasa memiliki serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap Rusunawa ini.

“ Saya juga berharap agar setelah Rusunawa ini diserahkan ke Pemkab Asahan dapat mengelolanya dengan benar sehingga dapat menambah PAD Asahan serta mensejahterakan masyarakatnya” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim,  M Azmy dalam laporannya mengatakan bahwa  jumlah hunian sebanyak 416 unit  namun baru dihuni sebanyak 26 unt . Rusunawa ini diperuntukkan bagi masyarakat Asahan yang tidak memiliki rumah dan hingga saat ini proses pendaftarannya  masih berlanjut.

Ia menjelaskan bahwa untuk lantai dasar dikhususkan untuk masyarakat depable/ cacat. Harga sewa berpariasi sesuai dengan lantai.

Anggota DPRD Kabupaten Asahan , Irwansyah Siagian  memberi apresiasi atas dibangun dan diresmikannya Rusunawa ini lantaran dapat membantu masyarakat Asahan yang kurang mampu.

“Saya sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada Pemkab Asahan dan Kementerian PUPR yang telah membangun Rusunawa di Kabupaten Asahan dan bila perlu Pemkab Asahan dapat menambah blok hunian Rusunawa ini,” katanya.

Dipenghujunga acara peresmian Rusunawa ini Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc memotong nasi tumpeng dan memberikannya kepada Direktur PT Perumahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Rani Fadillah dan penghuni Rusunawa tersebut yang dilanjutkannya meninjau ruangan Rusunawa tersebut.

(NES)

Post a Comment

Disqus