Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


 
BATAM, Realitasnews.com – Pada H plus 2 hari raya Idul Fitri 1441 H harga sayur mayur di pasar Sagulung, Batam melonjak naik bahkan ada yang naik hingga 25 ℅.  Hal ini disebabkan petani sayur - mayur tidak turun ke ladang untuk memanen tanaman sayur mayurnya lantaran masih suasana lebaran.

"Harga sayur naik 25% karena orangnya pada lebaran jadi malas untuk memanen  sayur mayur ,"kata Nurdin salah seorang pedagang sayur mayur di pasar Sagulung, Senin (25/5/2020) sekira pukul 11.30.WIB.

Ia mengatakan bahwa sayuran yang ada di pasar Sagulung ini kebanyakan dari Sei Lekop tidak ada dari luar.

Nurdin juga merasa kaget dengan naiknya harga sayur mayur itu namun ia mengakui untuk daya beli tetap saja lancar.

Sayur mayur yang naik itu diantaranya adalah : Cabe merah jawa dijual dengan harga Rp 40.ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 30 ribu,- /kg.  Cabe rawit dijual dengan harga Rp 40 ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 30 ribu,- /kg

Daun ubi dijual Rp 6 ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 5 ribu,- /kg, kangkong dijual dengan harga Rp 20. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 14. ribu,- /kg.

Demikian halnya dengan sayur sawi dijual dengan harga Rp 40. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 25. ribu,- /kg.  Kacang Panjang dijual dengan harga Rp 40. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 25. ribu,- /kg.

Sayur bayam dijual dengan harga Rp 20. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 15 ribu,- /kg. Tomat dijual dengan harga Rp 20. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 15 ribu,- /kg.

Sedangkan Timun juga mengalami kenaikan saat ini harganya Rp 18. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 14. ribu,- /kg.  Terong dijual dengan harga Rp 16. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 14. ribu,- /kg.

Jahe dijual dengan harga Rp 40. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 35. ribu,- /kg. Kentang dijual dengan harga Rp 15. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 12. ribu,- /kg.
Sedangkan bawang mengalami kenaikan Rp 5 ribu,- perkilogramnya, semula dijual dengan harga Rp 35 ribu,- kini dijual dengan harga Rp Rp 40 ribu,- perkilogramnya dan bawang Bombay sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 15 ribu,- kini dijual dengan Rp 20 ribu,- Untuk bawang putih semula dijual Rp 30 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 40 ribu perkilogram.

Wortel dijual dengan harga 18 ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 16 ribu,- /kg
Jengkol dijual dengan harga Rp 30. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp  25 ribu,-  /kg
Petai  dijual dengan harga Rp 150. ribu,- /kg sebelum lebaran dijual Rp 80. ribu,- /kg
Daun Sup dijual dengan harga Rp 40 ribu,- sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 35 ribu,- Bawang pree  juga dijual dengan harga Rp 40 ribu,- sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 35 ribu,-

Sayur Jipang dijual dengan harga Rp 15 ribu,- /kg sebelum lebaran dijual dengan harga Rp 12 ribu,- /kg.

Ia mengharapkan petani sayur mayur turun ke ladangnya untuk memanen sayur mayurnya agar harga sayur mayur dapat Kembali seperti biasa.
(Lian)

Posting Komentar

Disqus