Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



LINGGA, Realitasnews.com
– Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana APBD kabupaten Lingga melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) untuk Desa Sungai Buluh, Desa Bukit Belah, Desa Sungai Raya dan Desa Bakong kecamatan Singkep Barat, Kamis (21/05/2020).

Penyerahan BLT itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Kab. Lingga Salmizi, Camat Singkep Barat Febrizal Taupik, S.pi, Kepala Desa Sei Buluh, Kepala Desa Bukit Belah, Kepala Desa Sungai Raya, Kepala Desa Bakong, Kasubag Humas Pemkab Lingga Fikrizal, S.sos, Personil Satpol PP kab. Lingga, Babinsa dan Babinkamtibmas, masyarakat penerima BLT yang bersumber dari Dana APBD kab. Lingga melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT).

“ Jauh perjalanan yang sudah kami lakukan mulai dari pendataan, verifikasi data, berbagai rapat pertemuan, dan Alhamdulilah hari ini dapat kita laksanakan penyaluran bantuan dari Pemkab Lingga melalui APBD Kab. Lingga yang bersumber dari Dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) kepada masyarakat yang tidak tercover dari BLT dana Desa, dengan nominal yang sama seperti Bantuan BLT Dana Desa yaitu Rp. 600.000,- / bulannya yang akan dibagikan secara bertahap selama 3 bulan kedepan,” katanya

Ia menyebutkan Pemkab Lingga telah menyalurkan berbagai bantuan seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT)  maupun bantuan sembako dan berbagai macam bantuan lainnya.

Febrizal Taupik, S.pi menambahkan mengenai berbagai macam bantuan ini, dirinya memang agak sedikit keras kepada seluruh Kades, kepada seluruh perangkat-perangkat yang ada.

“ Saya selalu menekankan kepada Kades dan perangkatnya, mari kita berbuat disini, lakukan pendataan sebaik mungkin sesuai dengan kriteria yang memang benar-benar berhak mendapatkan, jangan lagi ada yang tercecer,” ungkapnya

 

Ia menyebutkanKecamatan Singkep Barat jumlah masyarakat Penerima Bantuan Tidak Terduga (BTT) yang bersumber dari APBD Kab. Lingga yaitu sebanyak 1.328 Kepala Keluarga (KK).

“ Terima kasih kepada Pemerintah Daerah kab. Lingga yang telah menyalurkan bantuannya,” imbuhnya

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, S.sos mengatakan saat ini kita semua dihadapkan dengan permasalahan Covid -19, kegelisahan  dan rasa cemas masyarakat dan tidak tahu kapan berakhirnya,

“ Hari ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten sampai Pemerintah Desa, kite terus bergerak cepat untuk memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak, baik berupa bantuan uang, bantuan sembako, bantuan bazar murah sembako, dan berbagai bantuan lainnya,” katanya.

Dikatakannya berbagai bantuan itu memang harus kita lakukan pengawasan bersama, maka dari itu pihaknya turun ke lapangan untuk melihat langsung pembagiannya agar dapat disalurkan kepada yang berhak menerima dan tepat sasaran.

“ Pemerintah Daerah kab. Lingga bersama sama DPRD Kab. Lingga telah mengalokasikan anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT), dari dana APBD Kab. Lingga khusus penanganan dampak Covid-19 untuk mengcover BLT dana Desa, dengan alokasi anggaran 12 sampai dengan Rp 18 milyar, bagi masyarakat yang pendataannya tercecer, yang memang harus di backup oleh Pemerintah Daerah. dan Alhamdulilah hari ini sudah mulai kita bagikan. Itu di luar dari pada sembako murah, di luar dari pada dana jaring pengaman sosial, dan di luar dari pada alat-alat kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19,” katanya.

Ia menyebutkan penyaluran dana yang memang berkaitan dengan Covid-19 ini agar dapat diserahkan kepada masyarakat yang betul-betul memerlukan, tentunya disesuaikan dengan kriteria-kriteria yang memang sudah ditentukan.

“ Semoga bantuan yang sudah diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, gunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan. Semoga wabah corona ini cepat berakhir dan wabah Corona tidak sampai di kampung kite ini dan di Daerah kite kabupaten Lingga yang kita cintai ini,” tutup M.Nizar

Daftar jumlah warga masyarakat penerima bantuan tiap desa sebagai berikut :

1. Desa Sungai Buluh total penerima bantuan sebanyak 375 KK diantaranya  : 

a. Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) = 2 KK
b. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa = 138 KK
c. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui  Bantuan Tidak Terduga (BTT)  = 235 KK


2. Desa Bukit Belah total penerima bantuan sebanyak 98 KK : 

a. Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) = 2 KK
b. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa = 72 KK
c. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui  Bantuan Tidak Terduga (BTT)  = 24 KK

3. Desa Sungai Raya total penerima bantuan sebanyak 304 KK :

a. Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) = 15 KK
b. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa = 134 KK
c. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui  Bantuan Tidak Terduga (BTT)  = 155 KK


4. Desa Bakong total penerima bantuan sebanyak 288 KK : 

a. Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) = 35 KK
b. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa = 87 KK
c. Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Kabupaten melalui  Bantuan Tidak Terduga (BTT)  = 166 KK
 

 
   (Hms / JH)

Posting Komentar

Disqus