Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Bupati Asahan, H Surya Bsc yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan menggelar rapat sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Senin (30/03/2020) di Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan.

Dalam pidatonya Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Surya, BSc mengatakan bahwa Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan untuk sementara waktu ini akan kita ubah fungsi sebagai Posko Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan dalam hal pencegahan penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan.

“Digedung ini juga Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan merencanakan setiap kegiatan yang akan dilakukan dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Asahan, seperti halnya yang akan dilaksanakan pada esok hari Selasa (31/03/2020), Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran wilayah Kota Kisaran,” ujar Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan.

Ketua Tim juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan diseluruh Wilayah Indonesia dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 yang menjadi wabah virus Nasional.

Selain itu Ketua Tim juga menyampaikan kondisi Kabupaten Asahan saat ini dalam status siaga darurat dan kita berharap kondisi status siaga darurat ini tidak berubah menjadi kondisi status tanggap darurat di Kabupaten Asahan.

Kepada seluruh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, beliau menghimbau untuk berkumpul digedung Dekranasda Kabupaten Asahan pada esok hari pada jam 09.00 WIB  untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan 1 buah mobil water canon dari Polres Asahan dan 4 buah mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP Kabupaten Asahan dengan rute Gedung Dekranasda, Jalan Cokro Aminoto Kisaran, Jalan Imam Bonjol Kisaran, Jalan Sisingamaharaja Kisaran dan berakhir di Gedung Dekranasda.

“ Kepada seluruh Camat se-Kabupaten Asahan saya mengintruksikan untuk melakukan penyemprotan disinfektan diwilayahnya masing-masing,” tegasnya.

“Kita akan melakukan penyemprotan disifektan ini secara berkesinambungan, karena kita Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan,” tambah Bupati Asahan.


Sementara itu, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto dalam rapat tersebut mengatakan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan telah bergerak dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh dan setrilisasi kepada para TKI Asal Malaysia yang pulang ke Kabupaten Asahan dan ini merupakan suatu prestasi bagi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, karena menjadi acuan bagi Kabupaten/Kota yang lain.

Disamping itu juga Kapolres Asahan mengatakan kita akan memonitor para TKI yang balik ke Kabupaten Asahan, dan disinilah kita memerlukan kerjasama masyarakat dalam memberikan informasi kepada Tim Gugus Tugas tentang adanya masyarakat yang baru kembali dari Luar Negeri ataupun Luar Daerah yang dianggap pandemic covid-19, sehingga mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan dapat kita putus penyebarannya.

Selain itu Kapolres Asahan juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan selalu memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat tentang perkembangan covid-19 di Kabupaten Asahan dengan melalui media cetak maupun media informasi lainnya.

“Dan kepada seluruh aparatur Kelurahan/Desa sampai Kecamatan berilah himbauan kepada masyarakatnya untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh Pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan dengan tidak keluar rumah dan menjauhi tempat-tempat yang menjadi kerumunan massa,” ujar Kapolres Asahan.

Kapolres Asahan juga berharap agar diseluruh Puskesmas di Kabupaten Asahan ada posko pengaduan covid-19, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mencari informasi serta memeriksakan dirinya di posko tersebut.

Diakhir penyampainya Kapolres Asahan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran covid-19 di kabupaten Asahan dan jadikan kegiatan ini untuk kemashalatan masyarakat banyak di Kabupaten Asahan.

Dikesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap dan Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos mengatakan siap mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pencegahan covid-19 di Kabupaten Asahan. (Nes)

Post a Comment

Disqus