Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, S. Sos, menghadiri Bursa Inovasi Desa kabupaten Asahan Tahun 2019 Klaster III, Kec. Silau Laut, Air Joman, Rawang Panca Arga, Meranti, Pulau Bandring, Buntu Pane, Setia Janji, Tinggi Raja dan BP. Mandoge yang dilaksanakan di Gedung Balai Karyawan PTPN III Desa Perkebunan Sei Silau Kec. Buntu Pane, Kamis (17/10/2019).

Turut hadir dalam kegiatan ituPerwakilan Distrik Manager Asahan, Kepala Dinas PMD Kab. Asahan, Unsur Forkopimcam Kec. Buntu Pane, Camat yang tergabung dalam Klaster III, Ketua TP PKK Kab. Asahan beserta pengurus, Ketua TP PKK Kec. Buntu Pane, Seluruh Kepala Desa Klaster III dan tamu undangan.

Dalam laporannya Agus Syamsuddin selaku Ketua Panitia penyelenggara mengatakan pembiayaan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini bersumber dari dana APBN tahun 2019
 
Tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa kabupaten Asahan Tahun 2019 diharapkan desa mampu memacu munculnya Inovasi dan pertukaran pertumbuhan secara partisipatif merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini : FKPD, Sembilan Kecamatan berjumlah 9 orang, Kepala Desa sekabupaten Asahan sebanyak 65 orang, Badan Permusyawaratan Desa sebanyak 65 orang, tokoh masyarakat 65 orang, pedamping desa 18 orang, Tim Pelaksana Inovasi Desa, 54 orang, pedamping lokal desa 18 orang,.
 
“ Jumlah undangan ditambah unsur lain sebanyak 304 orang,” katanya.

 

Sementara itu Camat Kec. Buntu Pane Erric Yudhistira Nugraha, S. STP dalam sambutannya megucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa ini di kecamatan Buntu Pane.
 
“ Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT Perkebunan Nusantara III yang telah meneydiakan tempat dan segala yang dibutuhkan sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan,” katanya.
 
Ia mengharapkan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh Kepala Desa dan pemangku kepentingan agar agar dapat mereplikasi inovasi-inovasi dari desa lain untuk diterapkan di daerahnya masing-masing. Serta mampu menggali potensi-potensi yang ada di desanya serta menciptakan inovasi-inovasi baru untuk diterapkan di daerahnya.

Setelah Camat kecamatan Buntu Pane menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan penyerahan sertifikat Bursa Inovasi Desa (BID) Kab. Asahan Tahun 2019 kepada panitia Bursa Inovasi Desa Klaster III Kab. Asahan

Bupati Asahan H Surya Bsc dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, S. Sos, M. Si mengatakan program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJM 2015-2019. Program Inovasi Desa dimaksud untuk meningkatkan pembangunan di Desa .
 
Program Inovasi Desa adalah program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang harus disebarluskan melalui program ini kita fokus pada pengembangan dan peningkatan Inovasi Desa di seluruh desa se kabupaten Asahan.

Salah satu kegiatan program Inovasi Desa adalah melalui Bursa Inovasi Desa. Melalui Bursa Inovasi Desa diharapkan sebagai Forum penyebaran dan pertukaran Inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa.

Disamping menyampaikan pidato tertulis Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kab. Asahan berharap, dengan BID ini setiap desa yang ada di Kab. Asahan dapat mengembangkan potensi desanya, dengan cara memberdayakan masyarakat desa menggunakan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, sehingga penggunaan dana desa ini dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran.

Pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Kab. Asahan didampingi oleh Unsur Forkopimcam Kec. Buntu Pane dan Panitia Penyelenggara BID Kab. Asahan tahun 2019 memukul gong menandakan BID Tahun 2019 resmi dibuka.

Diakhir kegitan Sekretaris Daerah Kab. Asahan meninjau stand BID Kab. Asahan Tahun 2019. (Nes)

Post a Comment

Disqus