Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



MEDAN, Realitasnews.com 
– Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengharapkan agar Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) senantiasa terus mendukung perkembangan otomotif dan mendukung pengembangan inovasi otomotif karya anak bangsa.

Hal itu disampaikannya saat membuka Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Rabu (23/10/2019).

Opening Ceremony tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi, Kasubdit Uji Tipe Kenderaan Bermotor, Dewanto Purnacandra mewakili Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah, vendor-vendor otomotif global, dan pihak sponsor.

“Beberapa waktu yang lalu, Saya menghadiri ulang tahun fakultas teknik USU. Saya dengar mereka mendapat penghargaan di kompetisi internasional dalam kompetisi kendaraan tenaga listrik. Hebat-hebat anak muda ini, Saya harap yang seperti ini Kita dukung dan Kita bangkitkan kreativitas anak bangsa,” katanya.

 

Edy juga menyinggung soal jumlah tenaga kerja yang telah diserap oleh GAIKINDO, yakni berkisar 1 juta lebih orang. Jika ada peluang untuk membuka pabrik di Sumut, Edy mengaku menyambut baik. Apalagi, nantinya disusul dengan penyerapan sumber daya manusia di Sumut.

“Selain banyak menyumbang kepada PAD melalui pajak, akan bagus sekali jika industri otomotif ini juga menyerap tenaga kerja kita. Pertumbuhan investor pun akan terus kita upayakan, salah satunya Taiwan yang saat ini gencar melakukan investasi di negara-negara ASEAN,” ungkap Edy.

Usai memukul gong tanda pembuka GIIAS, Edy didampingi pihak GAIKINDO meninjau pameran. Sesekali Edy mencoba beberapa teknologi yang dipamerkan dan menaiki kendaraan yang diperkenalkan. Seperti mencoba teknologi simulasi keselamatan berkendara yang diciptakan untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara.

Gubernur juga terkesan dengan salah satu kendaraan yang dipamerkan yakni becak listrik inovasi Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen dan PT PLN UIW Sumut.

“Bagus ini, karya-karya seperti ini dari anak-anak kita, harus kita dukung dan kembangkan,” ujarnya saat melakukan peninjauan.

Sementara itu, Kasubdit Uji Tipe Kenderaan Bermotor Dewantor Purnacandra mewakili Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyampaikan apresiasi atas dukungan GAIKINDO pada Kementerian Perhubungan meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia.

“Beberapa kegiatan teknis yang dilakukan GAIKINDO untuk mendukung Kemenhub yakni pengendalian kenderaan bermotor over load, sosialisasi peningkatan keselamatan pada masyarakat, pelatihan safety riding, pelayanan bengkel saat arus mudik dan lainnya” sebut Dewantor.

Sebelumnya, Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah menyebut GIIAS merupakan satu upaya GAIKINDO untuk mendukung industri otomotif indonesia. Rutin digelar setiap tahun, rangkaian GIIAS terselenggara di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan terakhir ditutup di Medan pada 23-27 Oktober 2019.
(hms)

Post a Comment

Disqus