Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



BINTAN, Realitasnews.com
–  Enam instruktur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Tanjungpinang melatih memberikan pemahaman dan teknik pertolongan di permukaan air kepada 40 warga pesisir Bintan yang dilaksanakan di Pantai Padi Emas Resort, Bintan selama sepekan hinggga 26 Oktober 2019.

Pelatihan pemahaman dan teknik pertolongan di permukaan air itu diawasi oleh 2 orang  perwakilan Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) RI.

“ Pelatihan bagi masyarakat pesisir Bintan ini dimaksudkankan untuk penguatan peran masyarakat pada penanganan awal ketika terjadi kecelakaan, khususnya di perairan Kabupaten Bintan,” kata Direktur Potensi BNPP RI, Marsekal Pertama TNI F Indra Jaya yang menjadi inspektur upacara pembukaan pelatihan.

Beliau menyebutkan azasnya kesiapsiagaan. Melihat Bintan memiliki wilayah kepulauan dengan bentangan laut yang begitu luas, sangat perlu kiranya persiapan pertolongan bagi segala aktivitas di wilayah perairan.Penguatan keamanan wilayah laut memang harus menjadi prioritas tersendiri.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan Pemerintah berharap pelatihan ini akan melahirkan satuan petugas yang selalu siap siaga apabila dibutuhkan dalam musibah kecelakaan khususnya di wilayah perairan.

“ Sangat kita dukung. Ini penting sekali engingat cuaca di laut kita yang kadang tak menentu. Belum lagi musibah tenggelamnya beberapa kapal di beberapa perairan. Mereka inilah yang kita persiapkan dalam penanganan tersebut,” katanya.

(Kominfo Kepri/Lian)

Post a Comment

Disqus