Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



ASAHAN, Realitasnews.com – Untuk mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia, Pemkab Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan melauching dan mensosialisasikan  Aplikasi Asahan Satu Data (ASADA) di Aula Melati kantor Bupati Asahan, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, Sekretaris Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan,  Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, OPD, Camat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Seksi Sarana Prasaran Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan Riris Kusmiyati, S. Kom dalam laporannya mengatakan tujuan digelar kegiatan ini dalam rangka kesiapan Pemkab Asahan untuk mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti 70 orang yang berasal dari Badan Pusat Statistik kabupaten Asahan, dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Pemkab Asahan,” katanya.

Sementara itu dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si, Bupati Asahan, H Surya Bsc mengatakan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat tidak saja dalam hal berkomunikasi namun juga untuk kebutuhan data dan informasi yang mempunyai peranan penting dalam mewujudkan keterpaduan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu data Indonesia. Untuk menindaklanjuti hal itu, katanya, Pemkab Asahan telah membangun aplikasi/program Asahan Satu Data (ASADA) yang merupakan aplikasi berbasis Web yang dientry oleh seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Asahan .

ASADA diharapkan mampu menyajikan data dan informasi yang lengkap, terintegrasi, akurat, valid,mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dapat dibagi pakaikan, berkelanjutan serta mudah di akses oleh seluruh masyarakat 

 

Beliau menyebutkan keberhasilan ASADA ini akan sangat bergantung dan dipengaruhi oleh adanya ketersedian Data dan Informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki Perangkat Daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya

“ Diharapkan para Kepala Perangkat Daerah dapat memberikan kontribusi data sesuai kewenangannya pada aplikasi ASADA secara periodik. Mengelola  data masing-masing dengan baik,”  katanya.

Selain itu Bupati Asahan mengharapkan kepala OPD menunjuk personilnya khusus sebagai pengelola Data yang berkewajiban memberikan kontribusi data ke aplikasi ASADA dan secara rutin melakukan up date serta mengintegrasikan pengelolaan data yang sudah ada ke dalam aplikasi ASADA.

Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Asahan yang telah membangun aplikasi  ASADA, semoga dapat dikembangkan dan disempurnakan sehingga kelak dapat dibuka dan didownload melalui telepon genggam,” katanya.

“ Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim , launching dan sosialisasi ASADA saya nyatakan dibuka secara resmi,” tutupnya.

Adapun sebagai pemateri pada Launching dan Sosialisasi Aplikasi Asahan Satu Data (ASADA) ini yakni Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan Zulkarnain, SE, M. Si. (Nes)

Posting Komentar

Disqus