Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


ASAHAN, Realitasnews.com
- Bupati Asahan, H Surya Bsc bersama Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitapulu , Sekretaris Daerah Kab. Asahan melakukan gerakan penanaman 1 juta pohon di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan, Simpang Empat, Selasa (15/10/2019).

Penanaman pohon itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kasdim 0208 Asahan, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua TP PKK Kab. Asahan, Ketua Bhayangkari Cabang Kisaran, dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Asahan H. Benteng Panjaitan mengapresiasi kegiatan penanaman satu juta pohon yang dilaksanakan oleh seluruh Kapolres di Wilayah Polda Sumatera Utara terkhusus kepada Kapolres Asahan.

Kepada Pemerintah Kab. Asahan beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemerintah Kab. Asahan dibawah kepemimpinan Bupati Asahan H. Surya, BSc terhadap lingkungan yang ada di Kab. Asahan.

"Dengan penanaman satu juta pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir yang sering melanda Kab. Asahan khususnya Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat, sehingga masyarakat Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat dapat merasa nyaman bertempat tinggal di Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat", ucap beliau.

Beliau juga mengatakan, "di Kab. Asahan TNI, Polri dan Pemerintah Kab. Asahan sangat kompak dalam membangun Kab. Asahan", tutup beliau.

Bupati Asahan H. Surya, Bsc dalam sambutannya berharap agar agenda penanaman pohon ini dapat dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kabupaten Asahan.

“ Mudah-mudahan agenda penanaman pohon ini dapat menjadi agenda yang kita laksanakan secara berkala sampai kondisi lingkungan di daerah kita ini terkhususnya Kawasan Danau Toba benar-benar menjadi baik,” katanya..

Ia menyebutkan mengingat saat ini Kawasan Danau Toba merupakan Kawasan Strategis Nasional dan menjadi satu dari empat ikon baru pariwisata lndonesia. Pengembangan Kawasan Danau Toba telah memberikan tekanan kepada lingkungan sebagai dampak meningkatnya kegiatan sosial ekonomi, industri, pertanian. pertambangan dan permukiman yang berkembang di sekitar Kawasan Danau Toba. Kabupaten Asahan sebagai salah satu daerah yang berada dalam ekosistem Kawasan Danau Toba selama ini selalu mendapatkan dampak negatif dari menurunnya kualitas lingkungan di sekitar Kawasan Danau Toba.

 

Setiap tahun masyarakat Desa Sei Dua Hulu ini mengalami banjir yang disebabkan meluapnya air Sungai Asahan. Air Sungai Asahan tesebut meluap karena vegetasi pepohonan di sekitar Kawasan Danau Toba sudah semakin menipis sehingga tidak mampu lagi menyimpan air dan

Sementara itu Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitapulu dalam pidatonya mengatakan kegiatan penanaman sejuta pohon ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan yang bermamfaat untuk mengurangi dampak pemanasan global. Sebagai sumber oksigen menyimpan air dalam tanah menyerap polusi  udara sebagai tempat tinggal hewan dan banjir.

Kerusakan Hutan kebanyakan terjadi akibat Karhutla seperti kebakaran yang terjadi di wilayah Indonesia saat ini yang menjadi perhatian banyak orang  kebakaran terjadi karena pembukaan lahan dengan cara dibakar.

Beliau juga menyampaikan bahwa pada hari ini jumlah bibit pohon yang ditanam berjumlah 12 ribu bibit pohon.

Bupati Asahan, Kapolres Asahan beserta Unsur Forkopimda Kab. Asahan yang hadir pada penanaman satu juta pohan itu menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kepala Desa Suka Raja, Kepala Desa Simpang Empat dan Perwakilan Danyon 126/KC.

Terlihat Bupati Asahan beserta istri, Kapolres Asahan beserta istri serta Unsur Forkopimda Kab. Asahan beserta jajaran yang hadir melakukan penanaman bibit pohon dilokasi yang telah ditentukan. (Nes)

Posting Komentar

Disqus