Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Walikota Tebingtinggi dan Rektor UINSU Bahas Serah Terima Aset Daerah Kepada DPRD Kota Tebingtinggi



TEBINGTINGGI, Realitasnews.com –  Jajaran Rektor UINSU Prof. Dr. H. Syahrin Harahap dan Walikota Tebingtingi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM melakukan pemaparan kepada DPRD Kota Tebingtinggi membahas penyerahan aset bekas Gedung AKBID kepada pihak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pada Rabu (20/1/2021) di Ruang Sidang DPRD Kota Tebingtinggi, 

Pemaparan itu merupakan tindak lanjut rencana membangun salah satu cabang UINSU di Kota Tebingtinggi dengan akan dibukanya Fakultas Kesehatan dan Ekonomi Islam di Kota Tebingtinggi.
Walikota Tebingtingi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam pemaparannya mengatakan pentingnya keberadaan Universitas di daerah karena akan membangun kualitas Sumber Daya Manusia, pendidikan serta sektor ekonomi, sejalan dengan visi misi Kota Tebingtinggi untuk mewujudkan kota jasa dengan tersedianya fasilitas pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Strategi ini menjadi langkah penting untuk Pembangunan Kota Tebingtinggi masa depan. 

Rektor UINSU Prof. Dr. H. Syahrin Harahap  menyampaikan jika penyerahan aset telah dilakukan kepada UINSU, maka UINSU akan segera melakukan persiapan. 

"Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Insya Allah akan kita lakukan di Tebingtinggi, dan kita akan berupaya meskipun disini kampus baru, tetapi dengan pengalaman yang dimiliki UINSU, kami akan mengelola kampus ini dengan baik sebagaimana juga seperti kampus-kampus UINSU yang lainnya diberbagai tempat di Sumatera Utara," kata Rektor UINSU. 

"Dengan dibukanya Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Bisnis Islam, kami berharap dapat mendorong lahirnya para sarjana Islam dibidang kesehatan dan ekonomi. Hal ini juga sekaligus mendukung pengembangan Ekonomi Islam dan dalam hal membangun Kesehatan Masyarakat," katanya Rektor UINSU menambahkan.  

UINSU Adalah Sekolah Umum

Rektor juga menjelaskan bahwa UINSU adalah sekolah terbuka dan untuk umum, tidak hanya untuk Islam saja. UINSU berpandangan bahwa moderasi beragama terbuka dan dimanfaatkan untuk mencerdaskan seluruh bangsa tanpa ada perbedaan agama. Kegiatan di kampus adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Pada kesempatan  tersebut anggota DPRD Joner Sitinjak menyampaikan agar Pemko Tebingtinggi harus memperhatikan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk hal ini serta agar memiliki kajian karena jumlah sekolah SMA di Tebingtinggi tidak banyak. 

Menanggapi hal tersebut, Walikota Tanjungpinang menjelaskan pihaknya telah menaati prosedur, untuk itulah kita berada disini. Meminta rekomendasi DPRD adalah salah satu bentuk prosedur yang harus dilewati.

“ Segalanya adalah untuk negara dan bangsa,  Hibah dari Pemko Tebingtinggi ke UINSU adalah dari negara dan untuk negara, karena UINSU adalah universitas negeri, negara tidak ada dirugikan, ini dilakukan untuk pengabdian kita sebagai anak bangsa,” katanya.

Menanggapi hal itu, Rektor UINSU menambahkan bahwa UINSU berkembang tidak hanya untuk Tebingtinggi saja, UINSU nantinya untuk seluruh daerah. 

Sementara itu, anggota DPRD Kota Tebingtinggi Kaharudin Nasution menambahkan dengan kondisi seperti ini dan tujuan yang sangat baik DPRD Kota Tebingtinggi hendaknya lebih aktif untuk menjemput kelanjutan rencana ini.

"Investasi yang kita tanamkan tidak sebesar nilai yang akan kita dapatkan, pendidikan lebih penting dari hal ini," tegas anggota DPRD Kaharudin Nasution. 

DPRD Kejar Agar Tahun Ini Menjadi Tahun Ajaran baru UINSU Tebingtinggi

Disesi wawancara, terkait persiapan DPRD Tebingtinggi dalam merekomendasikan penyerahan hibah aset tersebut, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution menyampaikan, DPRD sendiri tentunya memiliki mekanisme dalam mengambil keputusan.

"Secepatnya kita akan melakukan rapat-rapat di DPRD untuk mengambil keputusan," katanya.

Ia menyebutkan dalam hal itu  dibutuhkan persetujuan DPRD, tahapannya itu, mulai dari kita mengambil keputusan.

“ Mulai dari Banmus kita Banmuskan, kita paripurnakan, lalu kita rapatkan untuk mengambil keputusan," katanya.

"Insyaallah bulan ini kita kejarkan karena harapan dari UINSU juga bahwa tahun ajaran ini mereka akan membuka pendaftaran mahasiswa. Kita berharap ini bisa dilaksanakan secepat mungkin," tambahnya.

Masyarakat Harap Segera Dilaksanakan

Informasi tentang dibukanya UINSU di Kota Tebingtinggi sudah didengar sebelumnya, Kebijakan ini diyakini mampu menghadirkan energi positif untuk masyarakat dan wilayah.  Kemudahan untuk dapat menutut ilmu di perguruan tinggi negeri menjadi hal yang ditunggu masyarakat dan pelajar Kota Tebingtinggi. Ibu Sukma Warga Kecamatan Rambutan Tebingtinggi Mengatakan "saya sangat bersyukur sekali ada UINSU disini, sangat membantu kami para orang tua yang tidak memiliki banyak uang namun sangat ingin menyekolahkan anak anaknya ke sekolah tinggi negeri, dengan adanya UINSU di Tebingtinggi maka anak anak tidak perlu jauh jauh merantau ke daerah lain sehingga tidak membutuhkan banyak biaya" Katanya sesaat diwawancarai awak media usai acara tersebut. 

Turut hadir dalam rombongan rektor UINSU, Wakil dan Anggota DPRD Kota Tebingtinggi, Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi,Kadis Kominfo,Kadis Kesehatan dan Plt Kadis Pendidikan. (Jan)

Posting Komentar

Disqus