Ads (728x90)



Dilihat 0 kali

Ketua Ikatan Bedekeh Gelar Rapat Persiapan HUT Ke 5 Keramat Datuk Kebenah di Dusun Hutan Samak



BENGKALIS,  Realitasnews.com - Ketua Ikatan Bedekeh Suku Akit Hatas Ampas Bin Gayah Bersama Plt. Atan Bin She menggelar rapat persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Keramat Datuk Kebenah yang Ke 5 Tahun 2021 pada Sabtu (30/1/2021) di rumah Keramat Datuk Kebenah di Jalan Kemenyan Putih, Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar, Kabupaten Bengkalis.

Rapat itu juga dihadiri oleh Kepala Desa Titi Akar Sukarto, Tokoh Masyarakat Suku Akit Hatas, dan tokoh masyarakat suku peranakan, Ketua RT/Ketua RW, Sedesa Titi Akar, Tokoh Perempuan.

Hasil keputusan rapat tersebut  disimpulkan acara Bedekeh tetap akan digelar namun harus memperhatikan Protokol Kesehatan 

“ Kami Sudah menyediakan masker dan tempat cuci tangan, hal ini kami lakukan demi kebaikan bersama khususnya masyarakat kita dan semoga semua berjalan lancar,” katanya.

Ia menyebutkan untuk acara pertandingan seperti pertandingan gasing, sumpit dan trompah panjang, pertandingan Stek atau ketapel juga permainan lainnya. Untuk tahun ini tidak dilaksanakan karena masa pandemi Covid-19 ini.

" Mudah-mudahan tahun depan bisa kita laksanakan,” katanya.

Ketika ditemui Sabtu, (30/01-2021) Ketua Plt Batin Suku Akit Hatas Bapak Atan, S mengatakan melalui HUT keramat Datuk Kebenah yang ke 5 ini diharapkan kedepannya adat budaya Suku Akit Hatas, semakin dikenal oleh Masyarakat Suku Akit Hatas Sendiri. 

“ Karena budaya bedekeh jaman nenek moyang merupakan budaya yang terpenting dalam pengobatan dan penjagaaan kesehatan warga karena saat ini nenek moyang kami belum mengenal dunia medis,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Titi Akar Sukarto menyebutkan sangat mendukung sejak diresmikannya pada tanggal 01 Februari 2017 yang lalu.

" Keramat Datuk kebenah oleh bapak camat Rupat Utara Agus Sofyan S. STP, MPA, dan sejak itulah kegiatan ini menjadi Festival Rutin Desa Titi Akar, karena ada kaitanya dengan asal muasal sejarah Pulau Rupat Atau Pulau Bertukar Tempat," katanya.

Sukarto mengharapkan semoga melalui acara ini bisa membawa dan menopang Desa Titi Akar menuju Desa Wisata Budaya apa lagi ditambah acara HUT Vihara Cin Bu Kiong Atau lebih dikenal dengan nama Cap Gome.

“ Mudah-mudahan dengan semua ini akan membawa nilai positif dalam membangun Desa Titi Akar, Serta ikut  mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat Desa Titi Akar,” katanya.

Selaku Kades Titi Akar, dirinya menghimbau kembali dalam acara kegiatan dimaksud, masyarakat dan pengurus tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 agar seluruhnya aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan 

Sementara itu, Camat Rupat Utara Agus Sofyan, S. STP, MPA menyebutkan rapat tersebut dilaksanakan dengan memeprhatikan Protokol Kesehatan,, agar terhindar dari Covid-19.

Ia sangat mendukung langkah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat beserta Pemerintah Desa  Titi Akar untuk melaksanakan kegiatan rutin tahunan 

“ Semoga kegiatan rutin tahunan nanti berjalan dengan lancar dan membawa Desa Titi Akar menuju Desa Wisata Budaya,” katanya.
(Lenta Simanungkalit). 

Post a Comment

Disqus