Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


SERGAI, Realitasnews.com
  - Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP menyerahkan bantuan berupa alat-alat kebersihan dan sanitasi kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, di Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, Kamis, (23/4/ 2020).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bantuan dari IKAPTK Kabupaten Sergai itu akan disalurkan kepada masyarakat. Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kontribusi yang diberikan.

“ Bantuan ini akan besar manfaatnya bagi perjuangan kita dalam mengatasi tantangan pandemi. Seperti yang kita ketahui bersama, sterilisasi dan kesehatan adalah dua unsur penting dalam proses memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” katanya.

Ia mengatakan lewat bantuan alat-alat kebersihan yang didonasikan oleh IKAPTK, semoga kampanye kebersihan di ruang atau fasilitas publik dapat berjalan lebih lancar.

Bantuan yang diberikan ini, katanya, semoga dapat menjadi rangsangan dan motivasi bagi seluruh pihak untuk turut serta mengulurkan tangan, bekerja sama dengan pemerintah meringankan beban masyarakat luas yang terdampak secara ekonomi sejak Covid-19 ditetapkan sebagai Bencana Nasional non-alam oleh pemerintah pusat.

“Bisa kita lihat bersama di Posko ini begitu banyak unsur publik baik individu, pelaku usaha, organisasi, ormas dan pihak lainnya yang menunjukkan sikap solidaritas bagi masyarakat lewat pemberian donasi. Posko ini begitu hidup dengan tindakan kemanusiaan yang terus mengalir setiap harinya,” katanya.

Lebih lanjut Soekirman berharap agar status bebas kasus Covid-19 di Sergai dapat bertahan hingga pandemi ini tuntas.

“Kami berharap masyarakat dapat menyokong proses percepatan penanganan pandemi dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta preventif dengan menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali untuk hal-hal yang urgen,” katanya.

Ketua IKAPTK Sergai Faisal Hasrimy mengatakan jika bantuan dari IKAPTK terdiri dari 10 tangki cuci tangan, 100 dispenser tempat sabun cair dan 400 kemasan sabun cair yang rencananya akan didistribusikan ke rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

“Total bantuan yang diberikan senilai Rp 23 juta,-  Kami berharap alat-alat yang diberikan dapat dipergunakan dan menjadi dukungan penting dalam menghadapi dan mengakhiri pandemi ini,” katanya.

Ditempat yang berbeda Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama dengan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai membagikan 30 paket sembako kepada kelompok abang becak dan supir angkot di Kantor IDI Cabang Sergai, Sei Rampah, Kamis (23/4/2020).

Wabup Sergai menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan karena merupakan salah satu langkah meringankan kondisi kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“ Kita ketahui bersama jika pandemi ini telah ditetapkan sebagai Bencana Nasional karena penyebarannya yang sangat masif dan jumlah korban yang terjangkit maupun yang meninggal dunia cukup banyak,” katanya.

Maka dari itu, Wabup melanjutkan, jangan ada lagi masyarakat yang acuh apalagi sampai meremehkan dampak virus Corona.

“Walau sampai hari ini Kabupaten kita masih belum ditemukan kasus positif Covid-19, namun bukan berarti kita bisa mengendurkan waspada. Justru di saat seperti ini masyarakat bersama dengan pemerintah mari semakin memperkuat sinergi, memperkuat komitmen, untuk menjaga agar status nihil Covid-19 di Kabupaten Sergai dapat tetap bertahan sampai masa pandemi ini berakhir nanti,” katanya.

Menilai inisiatif IDI Cabang Sergai menjadi representasi sinergitas karena secara mandiri menggalang donasi dan mendistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Pemerintah tentu tidak bisa menghadapi tantangan ini sendirian. Lewat bencana ini relasi antara pemerintah dan masyarakat diuji. Momen pembagian donasi pada hari ini menjadi salah satu bukti jika relasi baik antara Pemerintah dan kelompok masyarakat termasuk kelompok profesi seperti IDI masih terjaga dengan baik,” katanya.

Wabup Sergai meminta masyarakat benar-benar menerapkan himbauan pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan dan menjalankan physical distancing.

“  Kami meminta agar masyarakat disiplin dalam menerapkan aksi preventif, mulai dari menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan benar, menghindari kerumunan sekaligus tidak menciptakan kerumunan. Usaha dan keseriusan kita bersama menentukan keberhasilan dalam menuntaskan tantangan ini,” katanya.

Sementara itu Ketua IDI Cabang Sergai dr. H. T. Kusuma Putra, M.Kes dalam kesempatannya menginformasikan kegiatan pembagian sembako ini merupakan hasil dari galang dana seluruh anggota IDI Cabang Sergai.

Rekan-rekan dokter IDI Sergai menyisihkan rezeki untuk bisa sedikit berbagi dengan saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi, terutama jasa angkutan umum seperti becak dan angkot yang mengalami penurunan pendapatan.

Ia berharap kegiatan ini bisa terus rutin digelar dan berdampak baik bagi masyarakat di saat kondisi bencana seperti sekarang.

 Posko Covid Terima dan Salurkan Bantuan

Di hari yang sama, Posko Gugus Tugas juga menerima  bantuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sergai berupa face shield (pelindung wajah) sebanyak 150 unit.

 Ada pula bantuan sebanyak 1500 butir telur yang diberikan oleh CV. Himpun Eka Ternak dari Desa Sukasari kecamatan Pegajahan.

Kemudian Primkop Kartika A Kodam I Bukit Barisan juga memberikan bantuan di Posko Gugus Tugad berupa bantuan sebanyak 1 ton beras yang diterima oleh Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP.

Posko Distribusikan Bantuan
Sebelumnya bantuan pun sudah didistribusikan oleh Posko Gugus Tugas kepada perwakilan masyarakat Dusun III Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Di hari yang sama, nelayan Pantai ATP Kecamatan Perbaungan juga menerima bantuan berupa 40 paket sembako. (Jan)

Posting Komentar

Disqus