Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


KARIMUN, Realitasnews.com - Ambulan laut sumbangan dari UPZ Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PT Timah, akhir tiba di Karimun yang diserahkan kepada Baznas Karimun untuk dioperasikan kepada masyarakat kurang mampu yang sakit. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Karimun Nasrial mengatakan, keberadaan ambulan laut memang sangat membantu sekali bagi masyarakat yang sakit di pulau-pulau.

'' Saya ucapkan terima kasih kepada UPZ Baznas PT Timah yang telah menyumbangkan ambulan laut, kepada masyarakat kabupaten Karimun. Dan, ini kali pertama di Indonesia ambulan laut yang dioperasikan oleh Baznas Karimun,'' kata Nasrial, Rabu (3/6/2020) di gedung Nasional.

Dijelaskan, untuk operasional ambulance laut memang cukup besar biayanya yang diperkirakan dalam satu tahun mencapai Rp1,3 miliar.  Mulai dari biaya gaji kapten kapal, minyak dan sebagainya yang siap melayani 24 jam. Untuk mengangkut masyarakat yang sakit, sedangkan dari UPZ Baznas PT Timah sudah mempersiapkan anggaran Rp 300 juta, Baznas Karimun Rp150 juta dan diharapkan kepada bantuan perusahaan-perusahaan lainnya maupun Pemkab Karimun.

'' Insyallah, biaya operasional ambulance laut bisa kita penuhi nanti. Apabila berhasil kita mengelola ambulan laut ini, maka bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lainnya. Maka, saya berharap dukungan semua pihak untuk membantu biaya operasional ambulance laut ini,'' harapnya.

Sedangkan, GM PT Timah Tbk wilayah Kepri dan Riau Adam Darmawan mengungkapkan, adanya pembuatan kapal ambulance laut ini hasil dari pengumpulan zakat profesi sebesar 2.5 persen dari karyawan PT Timah Tbk wilayah Kepri dan Riau Unit Kundur yang beragama muslim dikumpulkan di UPZ Baznas PT Timah. 

'' Salah satunya, kita buat kapal ambulan laut ini. Dan, saya sendiri langsung ikut dalam membawa kapal ambulan laut dari tempat perakitan Bangka Belitung,'' terangnya.

Keberadaan kapal ambulance laut di kabupaten Karimun, dikarenakan letak geografis kabupaten Karimun yang terdiri dari ratusan pulau dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang berada di hinterland. 

Sehingga, ketika masyarakat yang kurang mampu mengalami sakit dan perlu perawatan lebih lanjut untuk dirujuk ke Rumah Sakit. Maka, dibutuhkan transportasi laut yaitu kapal ambulan laut yang siap mengantar masyarakat yang sakit nantinya.

'' Mudah-mudahan dapat bermanfaat keberadaan kapal ambulan laut ini. Selain itu, kita juga telah membantu berbagai kegiatan sosial selama bulan suci Ramadan 1441 H lalu. Dan, mohon dukungan kepada seluruh elemen masyarakat dalam operasi PT Timah di kabupaten Karimun,'' ujarnya.

Sementara itu Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan apresiasi kepada PT Timah Tbk wilayah Kepri dan Riau yang telah menyumbangkan kapal ambulan laut melalui UPZ Baznas PT Timah. Sehingga, keberadaan ambulan laut ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

'' Terima kasih atas bantuan kapal ambulance laut ini. Saya pesan, kepada Baznas Karimun agar bisa dimanfaatkan benar-benar kepada masyarakat yang kurang mampu nantinya dengan beberapa kreteria,'' ungkapnya.

Pantauan dilapangan, usai penyerahan secara simbolis. Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama GM PT Timah Tbk wilayah Kepri dan Riau Adam Darmawan dan rombongan langsung menuju ke pelabuhan International Tanjungbalai Karimun. Untuk uji coba pengoperasian kapal ambulan laut yang mengitari pulau Karimun. (Jup)

Posting Komentar

Disqus