Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




ASAHAN, Realitasnews.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan, H Rahmad Hidayat Siregar mengatakan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bertambah empat orang.

Rahmad Hidayat Siregar yang juga Kepala Dinas Kominfo kabupaten Asahan mengatakan ke empat warga kabupaten Asahan yang terkonfirmasi Covid-19 itu diantaranya, inisial ARP (37), MS (77), SS (59) dr Nn (51).
Ia menjelaskan bahwa inisial ARP berjenis kelamin perempuan warga Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane, MS berjenis kelamin laki-laki dan SS (59) berjenis kelamin perempuan merupakan warga Jalan  Karya Lk.I Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kota Kisaran Barat sedangkan dr Nn (51) warga Komp RSUD HAMS Kisaran.

Rahmad menjelaskan kronologis perjalanan ke empat pasien itu, ARP pada tanggal 18 Juni 2020 lalu mengalami demam tinggi dan atas inisiatif sendiri melakukan  cek ke laboratorium Anugrah Kisaran dan dari hasil pemeriksaan ARP dinyatakan positif Demam Berdarah.

Kemudian berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut keluarga langsung  membawanya ke dr Tunggul untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dikarenakan ARP  sedang  dalam keadaan hamil tua ( trimester akhir), dan oleh dr Tunggul disarankan agar mereka periksa ke RS di  Medan.

“ Atas saran dari dr. Tunggul Pada malam itu juga ARP beserta Keluarga   berangkat ke Medan. Tiba di Medan langsung menuju RS Bunda Thamrin dan dilakukan anamnesa, dan sekaligus dilakukan pemeriksaan uji Swab terhadap ARP,” katanya.

Kemudian pada tanggal 22 Juni 2020 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab Pasien atas nama ARP dinyatakan positif Covid 19 dan dirawat di RS Bunda Thamrin Medan.

Sedangkan pasien MS dan SS, katanya, merupakan pasangan suami istri dan kesehariannya bekerja di Pajak Kartini Kisaran ,  pada tanggal 3 Juni 2020 keduanya mengalami keluhan sesak dan pada tanggal 15 Juni 2020 keluarga membawa mereka berobat ke RS HAMS Kisaran, dan oleh RS HAMS dilakukan pemeriksaan intensif serta dilakukan pemeriksaan Rapid Test serta hasilnya Reaktif.

Dikarenakan kondisi yang belum membaik, pada tanggal 18 Juni 2020, RS HAMS Kisaran merujuk pasien tersebut ke RS Martha Friska Medan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) untuk dilakukan pemeriksaan Swab Nasofaring. 

Pada tanggal 23 Juni 2020, Dinas Kesehatan  Provinsi Sumatera Utara berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten  Asahan menyampaikan hasil pemeriksaan Swab kedua pasien diatas dengan Hasil Positif. 

Sedangakan untuk dr Nn berdasarkan Hasil Pemeriksaan Swab yang dilakukan di RS. Columbia Medan yang hasilnya keluar pada tanggal 23 Juni 2020 dinyatakan Pisitif Covid 19.

“ Saya turut prihatin atas musibah yang dialami dr Nn pasca ditetapkannya beliau Positif Covid-19, dan berharap agar dr. Nn cepat sembuh dan dapat beraktifitas kembali untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ia menyebutkan untuk pelayanan Penyakit Paru yang erat kaitannya dengan pasien Covid-19 akan ditangani dr Diniya Tina yang juga merupakan dr Spesialis Paru.

Menindaklanjuti informasi diatas, untuk memutus mata rantai penularan Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Puskesmas Sidodadi dan Puskesmas Prapat Janji Kec. Buntu Pane melakukan Tracking Kontak Erat kasus tersebut, dan  akan dilakukan pemeriksaan darah melalui Rapid Test Covid-19 terhadap Orang orang yang melakukan kontak dengan ketiga pasien dimaksud. 

“ Sampai saat ini pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan, untuk dilakukan pemeriksaan / screening pada kasus kontak erat dimaksud,” katanya.

Ia menyebutkan sedangkan untuk Pajak Kartini, Pajak Diponegoro dan pajak bakti telah dilakukan penyemprotan Desinfektan pada Selasa (23/06/2020) oleh dinas Kopdag  bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan sebagai upaya untuk memutus Penyebaran Covid-19.

Melalui Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Rahmat Hidayat Kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tetap memegang Teguh Protokol Penanganan Covid- 19 dengan tetap memakai masker, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun dan sering berolah raga serta tetap jaga Kesehatan.

Hidayat mengatakan hingga saat ini, untuk data Covid-19 di Asahan, yang positif bertambah menjadi 13 orang, dengan rincian 8  orang masih di rawat, 3 orang sembuh, dan 2 orang meninggal dunia. (Nes) 

Posting Komentar

Disqus