Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Bupati Asahan, H Surya Bsc bersama Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Kab. Asahan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Simpang Empat SD Negeri Impres Rahuning I Desa Rahuning Kec. Rahuning, Kamis (03/10/2019).

Kegiatan ini mengusung thema “ Hari Keluarga Kita Semua, Cinta Keluarga Cinta Terencana”

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta Pengurus, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Forkopimcam Kec. Rahuning dan Kader KB.

Kepala Dinas P2KB P3A Kab. Asahan Drs. Muhili Lubis dalam laporannya mengatakan anggaran kegiatan ini bersumber dari APBD 2019 dan rangkaian kegiatan ini terdiri dari : 

  1. Senam keluarga yang diikuti oleh unsur OPD terkait bersama masyarakat dengan jumlah peserta sebanyak 500 peserta.
  2. Penyerahan secara simbolis lemari tempat penyimpanan alat dan obat kontrasepsi kepada Puskesmas Kecamatan Rahuning, kecamatan Pulau Rakyat dan kecamatan Aek Ledong
  3. Pemberian uang operasional petugas kader KB Desa (PPKBD dan Sub PPKBD selama 3 bulan yakni dari bulan Juni hingga Agustus 2019.
  4. Penyerahan KIE KIT kepada petugas Koordinator KB kecamatan
  5. Penyerahan hadiah Lucky Draw kepada peserta yang mengikuti senam keluarga.
Usai Kepala Dinas P2KB P3A Kab. Asahan Drs. Muhili Lubis menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan penyerahan Lemari Penyimpanan Alat dan Obat Kontrasepsi sebanyak 14 Buah, KIE KIT KKB  24 buah, Operasional PPKBD dan Sub PPKBD sebanyak 25 Kecamatan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Asahan H Surya Bsc.

Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kepala Dinas P2KB P3A Kab. Asahan dan tamu undangan sekaligus menyerahkan hadiah kepada Juara I PAAR Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2017 (Kelurahan Tebing Kisaran Kecamatan Kota Kisaran Barat) dan Tahun 2018 (Desa Sei Beluruh Kec. Meranti).

Bupati Asahan H Surya Bsc dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum kepada setiap keluarga untuk berupaya menciptakan karakter generasi emas harapan semua orang tua untuk menjadi teladan, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia serta menjadi panutan bagi masyarakat.

Untuk membangun karekter anak bangsa yang berkwalitas, katanya, dimulai dari lingkungan keluarga khususnya orang tua sebagai simbol Kepala Keluarga, orang tua dan anak –anak tentunya harus menerapkan pengetahuan tentang delapan fungsi keluarga yang menjadi program Pemerintah dengan berbasis kepada fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan. Fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi lingkungan dan fungsi reproduksi.

Pada kesempatan itu  Bupati Asahan H Surya mengajak seluruh lintas sektoral terkait dan masyarakat agar pada moment Hari Keluarga Nasional ke XXVI Tahun 2019 ini menggabungkan empat pendekatan Ketahanan Keluarga Indonesia dengan melaksanakan pendekatan keluarga sebagai berikut :
A. Keluarga Berkumpul
B. Keluarga Berinteraksi
C. Keluarga Berdaya
D. Keluarga Peduli dan Berfungsi

“ Dengan empat langkah tersebut diharapkan para keluarga di kabupaten Asahan dapat mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam keluarga dan lingkugan sekitarnya,” katanya.

Bupati Asahan juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Rahuning dan unsur masyarakat yang telah menyeiapkan berbagai sarana dan prasarana di dalam mensukseskan kegiatan ini sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Ia mengatakan program Keluarga Berencana (KB) bukan semata-mata hanya melakukan pelayanan kontrasepsi semata, akan tetapi melingkupi pengendalian penduduk, KB dan Pembangunan Keluarga sehingga di masa depan kualiitas SDM bangsa Indonesia akan menjadi unggulan dan daya saing terhadap bangsa-bangsa di dunia .

Ia mengatakan sesuai data statistik penduduk di kabupaten Asahan saat ini berjumlah 706.283 jiwa, dengan kondisi jumlah penduduk tersebut tentunya harus diimbangi pula dengan dukungan sandang, pangan, tempat tinggal, pendidikan dan transportasi .

“ Dengan keseimbangan yang tidak merata akan berdampak kepada pengaruh sosial di masyarakat ,” katanya.

Lebiih lanjut Bupati Asahan H Surya Bsc mengatakan keberhasilan program Keluarga Berencana itu tidak terlepas dari komitmen Pemerintah serta keterlibatan lembaga swasta, Pengurus TP PKK Daerah dan unsur masyarakat yang bisa menyatukan persepsi bersama dalam pembangunan khususnya pengendalian penduduk,  KB dan pembangunan Keluarga di Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini dirangkai dengan pembagian hadiah dengan cara luckydraw oleh Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta tamu undangan.
(Nes)


Post a Comment

Disqus