Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Realitasnews.com  –  Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Kepemudaan dan Olah Raga,  Kebudayaan dan Parisiwisata Kabupaten Labuhanbatu bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)  Kabupaten Labuhanbatu menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Pemuda atau "Kemah Pemuda" Labuhanbatu yang diikuti Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Labuhanbatu dari tanggal 6 Oktober hingga 8 Oktober 2019 di Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ikut menghadiri kegiatan itu bersama Ketua KNPI Kabupaten Labuhanbatu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanhatu, utusan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Labuhanbatu dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga,  Kebudayaan dan Parisiwisata Kabupaten Labuhanbatu, Senin (7/10/2019).

Pada kesempatan itu Bupati Labuhanbatu menyebutkan bahwa dirinya adalah bapak  Pemuda Kabupaten Labuhanbatu,  memberikan motivasi, meyakinkan dan mengajak Pemuda Pemudi Kabupaten Labuhanbatu untuk terus meningkatkan sumberdaya, ilmu pengetahuan,  keahlian, kreativitas dan inovasi-inovasi sehingga mampu berperan aktif mewarnai pembangunan Kabupaten Labuhanbatu

Sebagai Bapak Pemuda Labuhanbatu, katanya, merupakan milik seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Labuhanbatu, tidak ada pilih kasih, semua mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama.

“ Saya berpesan agar seluruh peserta yang mengikuti pelatihan itu supaya sepulangnya dari pelatihan kepemimpinan kepemudaan ini menyampaikan pesannya kepada Ketua masing-masing, bahwa dirinya Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, adalah Bapaknya seluruh Pemuda Labuhanbatu, dan pintu rumah dinasnya selalu terbuka lebar untuk menerima masukan dan gagasan para Ketua OKP, Lembaga-Lembaga yang bergerak dibidang Kepemudaan,” katanya.

Beliau mengajak untuk bersama-sama berpartisipasi aktif membangun Kabupaten Labuhanbatu  yang kita cintai bersama ini.

“ Saya mengharapkan Pemuda sebagai garda terdepan dalam membangun Kabupaten Labuhanbatu. Pemkab Labuhanbatu telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk kepentingan masyarakat banyak,  walaupun terobosan dan inovasi itu tidak begitu nampak secara fisik, namun diyakini sepenuhnya tiga atau lima tahun kedepan akan membuahkan hasil yang gemilang,” katanya.

Adapun terobosan dan inovasi itu, lanjutnya, antara lain memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa putra putri Labuhanbatu baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh wilayah Indonesia termasuk mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa kurang mampu.

Selain itu, katanya, melakukan inovasi pola tanam padi dipersawahan tadah hujan di Desa Selat Beting Kecamatan Panai Hulu, dimana setiap tahunnya hanya panen satu kali setahun, tetapi sekarang ini melalui inovasi yang kita lakukan,  para petani sawah sudah dapat panen 1 kali dengan hasil memuaskan (dulu 1 Ha memperoduksi 4 hingga 5 Ton,  setelah inovasi meningkat produksinya menjadi 6 hingga 7 ton/Ha  dan saat ini sedang pematangan lahan untuk penanaman kedua,  yang paling menarik saat ini adalah kebun sawit milik masyarakat disana sudah berlomba-lomba merubah pertaniannya menjadi persawahan karena lebih menguntungkan.

“ Kegagalan panen kita asuransikan Rp. 6 juta/Ha (Kita ganti kerugian jika gagal panen), hasil panen padi kita jamin dibeli Pemkab Labuhanbatu dan kita sedang bekerja keras membangun lumbung padi modern disana, budidaya ubi kayu juga terus kita lakukan penelitian dan pengembangannya sehingga masyarakat tidak bertumpu kepada perkebunan sawit dan karet,” katanya.

Selain itu, katanya, kita telah mengirim 60 orang petani dibidang perikanan dan peternakan untuk magang ke pulau Jawa guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan peraktek langsung.

“ Saya sangat menginginkan petaninya langsung dilatih dan dibekali sehingga manfaatnya cepat dirasakan,  ini adalah inovasi yang diterobosnya langsung,  sepulangnya mereka dari magang akan disambut dan diuji langsung oleh Bupati Labuhanbatu keberhasilan pendidikan yang mereka dapatkan,” katanya.

Dkatakannya dalam waktu dekat ini kita akan memiliiki produksi Minyak Makan dan sedang dikerjakan pihak ketiga disekitar PT. Cisadane, Label Minyak Makan itu nantinya akan kita diskusikan bersama,  apakah Minyak Makan Labuhanbatu,  atau sebutan lainnya yang kita sepakati bersama.  Semua diolah di Labuhanbatu dan karyawannya juga wajib menerima putra-putri Labuhanbatu sesuai kebutuhan perusahaan itu.

Lebih lanjut dikatakannya mengenai urusan Wajib Bidang Pendidikan dan Bidang Kesehatan sebagai pelayanan dasar pemerintah Kabupaten Labuhanbatu kepada masyarakat, terus ditingkatkan seoptimal mungkin,  dia menyebutkan sangat memahami itu dan menyadari kebutuhan dasar masyarakat.

Beliau berpesan agar sepulang dari pelatihan ini seluruh peserta menyampaikan kepada masyarakat luas informasi-informasi yang saya sampaikan bahwa apa yang saya sampaikan itu adalah benar dilakukan dan sedang dikerjakan

“ Saya mengharapkan agar melalui pelatihan kepemimpinan dasar pemuda ini para peserta lebih kreatif dan inovasi-inovasi Pemuda Labuhanbatu muncul dan mampu bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu sesuai dengan kemampuan masing-masing,” katanya.

(IK/Jan)

Post a Comment

Disqus