Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Bupati Asahan H Surya Bsc yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Asahan membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Asahan Tahun 2019 yang digelar di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jum'at (04/10/2019).

Turut hadir dalam Muscab itu Perwakilan Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan para kader pramuka Kabupaten Asahan.

Pada kesempatan itu bertindak sebagai pembina upacara Bupati Asahan H Surya Bsc sekaligus sebagai Ketua Mabicab Asahan

Selaku pembina upacara Bupati Asahan H. Surya., B.Sc dalam bimbingan dan arahannya mengatakan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga gerakan pramuka bahwa Muscab Gerakan Pramuka dilaksanakan setiap lima tahun sekali sebagai bagian kedinamisan sebuah organisasi yang berkembang .

Musyawarah cabang gerakan pramuka merupakan Forum kekuasaaan tertinggi dalam mempertanggungjawabkan kepengurusan cabang Gerakan Pramuka sesuai dengan masa baktinya.

Beliau menyebutkan Gerakan Pramuka Asahan selama dua tahun ini tidak ada melaksanakan kegiatan kepramukaan di tingkat cabang.

“Jadi melalui Muscab ini marilah kita aktifkan kembali kegiatan kepramukaan di kabupaten Asahan dengan menyusun program-program kerja untuk lima tahun ke depan berupa program kegiatan-kegiatan, yang menarik bagi peserta didik serta meningkatkan pelatihan mutu kepramukaan bagi pembina dan pelatih. ,” katanya.

Beliau berpesan didalam pemilihan Ketua serta pengurus –pengurus kwartir cabang Asahan masa bakti 2019-2024 agar memilih orang yang peduli serta ikhlas menyumbangkan tenaga , pikiran untuk kemajuan organisasi kepramukaan, karena seperti kita ketahui bersama fungsi dari gerakan pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kaum muda guna menumbuhkan Tunas Bangsa yang berkarekter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab , mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.

“ Saya meminta kepada Camat selaku ketua Majelis Pembimbing Ranting agar membenahi kepengurusan pramuka dan mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan di daerahnya,” katanya.


Karena, lanjutnya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan akan melaksanakan kegiatan kepramukaan tingkat Cabang serta selalu berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan tingkat Daerah maupun Nasional.

“Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Asahan Tahun 2019 saya nyatakan dibuka secara resmi,” tutup Bupati Asahan

Sementara itu sebelumnya Ketua Panitia Andy Sapta, M. Pd, M. Si dalam laporannya mengatakan tujuan Muscab ini menyusun rencana dan program kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan untuk 5 tahun mendatang. Kemudian menetapkan dan mensyahkan Ketua Kwartir Cabang Gerakan pramuka Asahan Masa Bakti 2019-2024

Adapun Motto Muscab ini adalah “ Satyaku Kudharmakan Darmaku Kubaktikan”

Ketua Kwartir Daerah Sumatera Utara yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Daerah Sumatera Utara dr. Aris Yudhariansyah, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan H Surya Bsc yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Asahan yang telah mendukung terselenggaranya Muscab Gerakan Pramuka Asahan ini.

“ Diharapkan dalam Muscab ini mampu membuat keputusan yang mampu membesarkan Gerakan Pramuka Asahan seperti Pemilihan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan masa bakti berikutnya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, mampu menyusun rencana kerja untuk lima tahun ke depannya, dimana orientasi penyajian program kegiatan pesrta didik dapat dibuat lebih menarik dan tetap bernilai pendidikan.

Ia menyebutkan bahwa program yang baik dan bermutu lahir dari tangan Pembina dan Pelatih yang bermutu pula.

“Dharapkan berbagai pelatihan bagi pembina dan pelatihan dapat dilakanakan dikwartir cabang Asahan sehingga mampu meningkatkan mutu Kepramukaan baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” katanya.

Beliau menyebutkan bahwa tugas untuk menjaga Gerakan Pramuka supaya selalu tetap bersemangat muda sebenarnya ada dipundka kita semuanya.

“ Kita harus selalu ingat bahwa Generasi Pramuka sekarang ini adalah Generasi Millenial, generasi yang cara berpikirnya sangat berbeda dengan generasi generasi sebelumnya. Mereka adalah Generasi yang adaftif dengan kemajuan Teknologi Generasi yang sangat kreatif , generasi yang sangat inovatif,” katanya.

Untuk itu, katanya, kita harus melakukan terobosan –terobosan jangan berpikir linier, jangan terjebak dengan cara-cara rutinitas dan monoton, tidak saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda dan membuat simpul tali saja tapi harus cerdas dan disiplin menggunakan media sosial dan yang produktif.

“ Kami juga mengharapkan kepada Majelis Pembina Cabang untuk senantiasa memberikan bantuan moril, materil, finansial dan organisatoris kepada Kwartir cabang Asahan . Hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” katanya. (Nes)

Post a Comment

Disqus