Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Kabid Lingkungan Hidup DLH Kota Batam, Hendra Rika bersama Ormas IPK Kota Batam Membersihkan Sampah dan Tumpukan Puing Bangunan di Hutan Bakau Taman Anugerah, Jumat (18/2/2022) (Fhoto : Parulian)

BATAM, Realitasnews.com - Organisasi masyarakat  Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kota Batam bekerja sama dengan petugas Kecamatan Sagulung membersihkan tumpukan sampah rumah tangga dan puing-puing material bangunan yang ada di lokasi Hutan Bakau, Taman Anugerah, Tembesi, Jumat (18/02/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan Jumat bersih yang dilakukan IPK kota Batam, Budi Purba bersama anggotanya mendapat apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Kabid Lingkungan Hidup Hendra Rika turun ke lokasi ikut membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Pembersihan sampah ini dilakukan disepanjang jalan menuju Perumahan Taman Anugerah. Sebelumnya, sampah-sampah ini sangat mengganggu pihak perumahan. Terutama puing-puing bangunan dan sampah rongsokan rumah tangga yang dibuang disepanjang jalan, sehingga mengakibatkan penyempitan jalan.

Ketua IPK kota Batam, Budi Purba, mengatakan Ormas IPK sangat peduli dengan kebersihan lingkungan, kegiatan ini dilakukan agar dikenal masyarakat

“ Karena motto kami adalah Batam Bersih dan Asri, saat ini, ormas IPK sudah berkomitmen untuk membantu masyarakat dan pemerintah untuk membersihkan sampah disepanjang jalan menuju belakang Taman Anugerah,” ujarnya.

Budi menjelaskan kegiatan bakti sosial ini akan berkelanjutan, Jumat ini di Sagulung, Jumat depan ke kecamatan yang lain.

“ Intinya tiap kecamatan kita adakan Jumat bersih,” katanya.


Kabid Lingkungan Hidup DLH Kota Batam, Hendra Rika mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih karena ormas IPK Kota Batam membantu pemerintah dan sangat peduli terhadap lingkungan.

“ Ke depan semoga ada ormas lain yang mengikuti jejak IPK ini,"ungaka Hendra.

Hendra menjelaskan bahwa sampah yang dibersihkan IPK kota Batam adalah sampah rongsokan rumah tangga serta puing bangunan dan bersumber dari mana pihaknya tidak tahu. 

“ Memang sudah dirapatkan kemarin jadi solusinya mau kita bersihkan supaya tidak terganggu masyarakat sekitar sini,” katanya.

Untuk tempat pembuangan sampah tersebut, Hendra mengatakan adanya lahan kosong yang kemungkinan dapat menerima untuk penimbunan, sehingga pembuangan terakhir akan dilakukan di sana. Terutama untuk sampah seperti puing-puing dan material bangunan.

"Karena sampah ini rongsokan atau sampah rumah tangga dan puing bangunan dan ada lahan yang mau menerima untuk penimbunan kita arahkan saja ke situ,"tutup Hendra.

Untuk perlu di ketahui bahwa IPK kota Batam mengadakan Jumat bersih Ini dengan menyewa ekscavator dengan dana dari IPK sendiri. (Lian )


Posting Komentar

Disqus