Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Cegah Abrasi, PT Timah Tanam 300 Batang Cemara Laut di Pantai Asmara Dewi


SAWANG,Realitasnews.com –  Untuk mencegah abrasi di bibir pantai, PT Timah Tbk menanam sebanyak 300 batang cemara laut di Pantai Asmara Dewi Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat ,Kabupaten Karimun, Jumat (25/02/2022).

Kegiatan penanaman cemara laut melibatkan masyarakat sekitar, selain untuk meneduhkan serta mempercantik kawasan pantai. Tanaman cemara laut memiliki banyak manfaat seperti mampu menahan tiupan angina kencang, menahan hempasan ombak laut dan dari terpaan pasir di sekitarnya. 

Selain itu, cemara laut merupakan jenis tanaman yang digunakan untukrehabilitasi lahan dan konservasi tanah, sehingga mampu menahan angin laut dan uap air yang banyak mengandung garam. 

Untuk itulah, penanaman cemara laut di kawasan pesisir ini disambut antusias oleh warga, karena mampu menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi. 

Tokoh pemuda yang juga Ketua Karang Taruna Kelurahan Sawang Dhani, mengatakan kegiatan ini sangat bagus, karena pohon yang tumbuh nantinya akan mempercantik kawasan pantai namun juga berfungsi sebagai penahan abrasi. 

“Nanti kawasan ini jadi bagus kalau sudah tumbuh, semakin cantik. Bisa juga untuk menahan abrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Nelayan Kelurahan Sawang Satar mengapresiasi PT Timah Tbk yang terus menunjukkan dukungannya dalam pelestarian lingkungan. Kedepan, ia berharap program seperti ini melibatkan lebih banyak masyarakat sehingga dapat dijaga bersama. 

“Kegiatan penanaman ini sangat baik dampaknya untuk lingkungan, karena di sepanjang pantai yang kita tanam juga terpasang tanggul penahan abrasi yang dibangun oleh PT Timah dan dampaknya sudah dapat  kita lihat serta rasakan,” ucapnya. 

Senada, Camat Kundur Barat Khaidir sangat mendukung penanaman cemara laut ini, dirinya turut mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk dalam pengelolaan lingkungan. 

“Saya rasa masyarakat Kundur Barat sudah banyak terbantu dengan hadirnya perusahaan di tengah tengah masyarakat. Kontribusi perusahaan dalam menyalurkan CSR nya sudah tidak kita ragukan kembali. Banyak juga kegiatan perusahaan melibatkan langsung masyarakat sekitar, jadi secara ekonomi itu sangat membantu,” katanya.

Tidak hanya menanam cemara laut, PT Timah Tbk juga secara konsisten telah menanam mangrove, memasang tanggul penahan abarasi sebagai bentuk pengelolaan lingkungan yang dilakukan perusahaan. 

Kegiatan penanaman cemara laut ini turut dihadiri oleh Kepala Unit Produksi Kundur Ari Wibowo,K abid K3LH Kundur Yulfikar ,Camat Kundur Barat Khaidir, Lurah Sawang Murjani, Ketua Karang Taruna Dhani,Bhabinkamtibmas Ari Suwandi yang mewakili Kapolsek Kuta / Kuba, Bhabinsa Kelurahan Sawang Yadi Mulyadi, Kepala UPT Puskesmas Kundur Barat Fahrul Razak serta masyarakat nelayan sekitar.

Posting Komentar

Disqus