Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Bupati Asahan H. Surya, BSc Melepas Balon ke udara Saat Membuka Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pemberdayaan Germas di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Jum'at (25/11/2022) (Fhoto : Ist)


ASAHAN, Realitasnews.com
– Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar  kegiatan  Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pemberdayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Berbagai Tatanan di Tingkat Kabupaten Asahan sekaligus memperingati HKN ke-58

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc pada Jum'at (25/11/2022) di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan,

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, FKUP, Organisasi Profesi (Kesehatan) dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kanupaten Asahan dr. Nanang Fitria Aulia, Sp. PK menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatnya koordinasi dan implementasi kegiatan terkait pelaksanaan Germas antara Provinsi, Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor terkait, terlaksananya koordinasi dengan Lintas Sektor dalam rangka penggerakan masyarakat terkait pelaksanaan Germas di Kabupaten/Kota dan diperolehnya kesepakatan untuk melakukan penggerakan masyarakat sebagai implementasi pembudayaan Germas di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“ Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 120 orang yang terdiri dari OPD, Kelompok Peduli Kesehatan, Kelompok Mitra Potensial Kesehatan, Institusi Pendidikan, Kepala Puskesmas, RSU, Kamtibmas dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama,” katanya.

Mengakhir sambutannya Nanang mengajak seluruh peserta yang berhadir untuk bersama-sama mewujudkan Asahan Sehat 2023.

Sementara Mega Karyati M. Kes Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berharap agar Pemerintah Kabupaten Asahan segera membentuk Forum Koordinasi Germas di tingkat Kabupaten Asahan yang melibatkan OPD dan membentuk Satgas Germas di Kecamatan, Desa/Kelurahan sehingga apa yang menjadi program Germas dapat tercapai.

Selain itu Mega mengatakan, untuk memperdayakan Germas ini, kita harus saling bekerjasama dengan tupoksi yang dimiliki, karena Germas ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Menutup pidatonya Mega mengatakan untuk mewujudkan Germas ini, ada 5 pilar yang harus kita laksanakan yakni aktifitas fisik lebih kurang 30 menit setiap hari, cek kesehatan secara berkala 6 bulan sekali, peningkatan gizi seimbang, edukasi dan prilaku hidup sehat dan peningkatan kesehatan lingkungan.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan memberikan Piagam Kesehatan kepada mitra Kesehatan secara simbolis kepada Yayasan Mentari Meraki Asa, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Ketua IDI Kabupaten Asahan dan Kepala Bapeda Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2017 tentang Germas, bahwa semua Pimpinan Daerah, Pimpinan Institusi Pemerintah dan masyarakat, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha agar melaksanakan kegiatan Germas di Lingkup tanggungjawabnya masing-masing.

Karena Germas menjadi salah satu pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Ada 5 fokus kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat, peningkatan pangan dan gizi seimbang, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan.
 
Selanjutnya Bupati mengatakan kegiatan kita hari ini dirangkai juga dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku", tema ini dipilih karena menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu menyelesaikan pandemi covid-19 yang telah 3 tahun melanda kita.
 
"Perayaan HKN tahun ini hendaknya juga bukan sekedar perayaan pertambahan usia, tetapi menjadi momentum yang baik untuk kita mereview, menginstropeksi serta berbenah atas berbagai permasalahan yang ada demi kemajuan pembangunan kesehatan di Indonesia", ucap Bupati.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengucapkan, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang telah berkontribusi besar atas kegiatan ini, juga terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi untuk mewujudkan masyarakat Asahan yang lebih sehat demi terwujudnya Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Diakhir kegiatan Bupati Asahan memotongan nasi tumpung dalam rangka HKN ke-58 dan pelepasan balon serra penandatanahan komitmen bersama untuk pemberdayaan Germas di Kabupaten Asahan. (Ten)

Posting Komentar

Disqus