Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




SERGAI, Realitasnews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya gelar Datuk Payung Negeri menghadiri Peringatan hari kelahiran Raja Bedagai Tengku Achmad Syafei gelar Pangeran Nara Kelana yang ke 74 tahun di Pendopo Kerajaan Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Minggu (20/11/2022).

Di hadapan seluruh tamu undangan, Bupati Mengungkapkan jika anugerah gelar yang diberikan Kerajaan Bedagai ini sebagai bentuk untuk melestarikan adat budaya Melayu di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

"Meski kini perkembangan zaman tak bisa kita bendung, bahkan teknologi semakin berkembang dan kita harus mengimbanginya. Namun adat istiadat harus tetap lestari hingga ke anak cucu dan masa-masa mendatang, " ungkapnya sembari menambahkan bahwa momentum ini merupakan pelajaran berharga akan pentingnya nilai budaya leluhur bangsa sambil menanamkan nilai-nilai kebangsaan di dalamnya.

Ia pun berharap gelar adat yang diterima bisa menambah semangat semuanya dalam berkontribusi membangun Kabupaten Sergai yang kita cintai," pungkasnya.

Wabup Sergai Dianugerahi Gelar Datuk Wedana Setia Negeri

Pada kesempatan serupa, momen yang tak kalah penting adalah dianugerahkannya gelar Datuk Wedana Setia Negeri kepada Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan dari Kerajaan Bedagai. Gelar ini langsung diberikan oleh Tengku Achmad Syafei gelar Pangeran Nara Kelana

Usai dianugerahi gelar Datuk Wedana Setia Negeri, Wabup Adlin Tambunan mengucapkan terimakasih kepada Raja Bedagai Achmad Syafei. Tak lupa ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada sang raja.

"Terimakasih tuanku Raja Bedagai, dan semoga tuanku selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, " Ucapnya.

Sebelumnya Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Jumri Sulthoni menjelaskan bahwa Kesultanan Melayu adalah Kesultanan yang sangat besar. Salah satu didalamnya ada Kerajaan Bedagai yang begitu tersohor.

"Melayu ini begitu besarnya. Kedepan saya harap bagaimana cara kita membangkitkan kesatuan Melayu. Setelah itu kita harap Kesultanan melayu dapat eksis dan bekerjasama dengan Pemerintah, " tandasnya.

Penganugerahan gelar ini juga ditandai dengan pemberian gelar kepada sejumlah tokoh lainnya seperti mantan Walikota Medan Rahudman Harahap gelar Laksamana Wira Diraja, Edy Rismanto gelar Datuk Setia Perkasa, Agusni Erwansyah gelar Datuk Indra Sakti dan sejumlah tokoh lainnya.

Selain itu, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan penyerahan buku nikah kepada pengantin yang sudah menikah namun belum memiliki buku nikah.

Turut hadir Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar, Rektor UISU Yanhar Djamaluddin, perwakilan Kerajaan Padang Tebing Tinggi serta undangan lainnya. (Jan)

Posting Komentar

Disqus