Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Bupati Sergai Menghadiri Rapat Kerja Dekranasda


SERGAI, Realitasnews.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sergai menggelar Rapat Kerja yang dilaksanakan di Aula Dekranasda Kecamatan Perbaungan,  Rabu (14/07/2021).

Rapat kerja itu dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy yang juga Wakil Ketua Harian Dekranasda Sergai, para Kepala OPD, para anggota Dekranasda Sergai dan peserta pelatihan berjumlah 30 yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sergai.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengatakan pentingnya promosi atau pemasaran produk-produk kerajinan local. Ia juga menyebutkan dalam rapat kerja Dekranasda ini dapat juga dilaksanakan pelatihan-pelatihan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

“ Hal ini  merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menumbuhkan UMKM di Kabupaten Sergai. Namun penting kiranya kita mengetahui dan menguasai proses pemasaran dan promosi barang kerajinan yang kita hasilkan,” katanya.

Bupati Sergai melihat bahwa untuk aspek produktivitas, Sergai dikategorikan sangat baik. Hal ini dibuktikan dari banyaknya kelompok mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa yang aktif memproduksi berbagai kerajinan lokal.

“ Namun produktivitas tersebut jadi tidak ada artinya kalau tidak diikuti dengan promosi dan pemasaran.  Maka dari itu, para pengurus Dekranasda harus memperhatikan ini. Misalnya dengan mengajak OPD dan ASN bangga serta aktif menggunakan produk lokal,” ucap Darma Wijaya.

Lebih lanjut dikatakannya hal tersebut secara langsung bisa menjadi sarana promosi yang nantinya bisa dilihat dan diikuti oleh masyarakat luas.

“ Selain jadi konsumen produk kerajinan lokal, OPD, Kecamatan dan Desa juga secara langsung ikut mempromosikan kerajinan tersebut ke publik,” ucapnya lagi.

Terakhir, Bupati berharap para pengrajin lokal menjaga kemauan yang tinggi serta tidak lelah menciptakan berbagai inovasi.

“ Fungsi UMKM ini banyak sekali. Selain sektor ekonomi, ini juga mendukung pelestarian budaya lokal serta memberdayakan SDM lewat tersedianya lapangan kerja,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya dalam laporannya menyebut kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai telah disahkan melalui Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara tentang pengesahan perubahan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai.

“ Dalam kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sergai kita sudah memiliki tugas dan fungsi sesuai dengan bidang yang diamanahkan. Untuk itu diharapkan masing-masing bidang dalam kepengurusan Dekranasda ini bisa menyusun program kegiatan yang disinergikan dengan program Dekranasda Pusat, Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Sergai,” ucapnya.

Ia melanjutkan, pada prinsipnya arah kebijakan dalam menyusun dan melaksanakan program kegiatan Dekranasda Kabupaten Sergai bertumpu pada beberapa hal yaitu menyiapkan generasi sumber daya manusia atau perajin yang unggul dalam melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, kemudian meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal melalui pengembangan inovasi desain kreativitas dan efisiensi serta memperluas akses pasar bagi produk kerajinan Kabupaten Sergai.

“ Diharapkan melalui rapat ini nanti kita bisa mendiskusikan dan memberikan saran dan masukan sehingga fungsi Dekranasda Kabupaten Sergai sebagai lembaga yang mendukung program dan kegiatan pemerintah dalam mendorong kemandirian industri kerajinan Sergai itu dapat terlaksana,” ucapnya.

Rosmaida menyebutkan dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan yang sudah dimulai hari sebelumnya dan berakhir hari ini.

“ Salah satu pelatihan yang kita laksanakan adalah membuat kerajinan berupa piring dengan bahan baku dari sapu lidi yang merupakan sumber daya lokal. Kiranya nanti pelatihan yang kami berikan ini bisa menjadi usaha rumahan bagi para peserta hari ini dan semoga bisa mendongkrak perekonomian di keluarga mereka masing-masing,” tandasnya.

(Jan)

Posting Komentar

Disqus