Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Sekjen DPP HMNI Melantik Pengurus DPD HMNI Kepri dan DPC HMNI Kota Batam



BATAM, Realitasnew.com- Dewan Pengurus Pusat Himpunan Masyarakat Nias (HMNI) melalui Sekjen Dewan Pengurus Pusat Otoli Zebua S.Th melantik Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) HMNI provinsi Kepulauan Riau Utusan Sarumaha SH dan juga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HMNI Kota Batam, Sabtu (18/10/2020) di Golden Prawn kecamatan Bengkong Laut Batam.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Pjs Walikota kota Batam Syamsul Bahrum dan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja provinsi Kepri Mengara Simarmata, tokoh masyarakat dan mantan pengurus DPD dan DPC HMNI serta masyarakat Nias yang ada di provinsi Kepri khususnya dari Batam, Karimun, Bintan dan Tanjungpinang.

Ketua DPD Provinsi Kepri, Utusan Sarumaha SH usai acara pelantikan itu kepada sejumlah awak media mengaku sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa lantaran acara pelantikan tersebut yang dilakukan dengan menerapkan protocol Kesehatan berjalan dengan lancar. 

Ia menyebutkan pelantikan tersebut sudah beberapa kali tertunda lantaran pandemic Covid-19 dan memasuki New Normal baru ini baru bisa dilaksanakan.

Dikatakannya selain melaksanakan hukum organisasi tentu kegiatan hari ini penyegaran bagi seluruh pengurus baik di DPC dan DPD serta seluruh masyarakat Nias. Agar terus membangun kebersamaan di Kepri dan kota Batam baik dalam suka maupun dalam duka.

HIMNI adalah salah satu organisasi yang mempersatukan masyarakat Nias di seluruh nusantara dan secara khusus di provinsi Kepri, yakni melaksanakan cita-cita luhur para orang tua kita para pendiri HIMNI yaitu menjaga kesatuan dan persatuan serta persaudaraan masyarakat Nias di seluruh Nusantara

“ Harapan saya pada Pilkada yang digelar pada tanggal 9 Desember nanti masyarakat Nias menjadi salah satu masyarakat yang mensukseskan acara Pilkada kita dan tentu masyarakat Nias memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan kota Batam dan juga provinsi Kepri,” katanya

Ia menyebutkan ada sekitar 120 struktur pengurus yang harus dilantik dan hadir namun karena ada halangan jadi ada pengurus yang tidak dapat hadir

Saat ini, katanya, anggota HIMNI di Kepri ada sekitar 13 ribu orang yang tersebar di 12 kecamatan Kota Batam, kabupaten Bintan, Karimun dan Kota Tanjungpinang.

Ia menyebutkan HIMNI berdiri sejak tahun 2000 dan merupakan organisasi yang terstruktur yang pimpinan pusatnya ada di Jakarta dan DPD nya ada 4 cabang Batam, Karimun, Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Utusan Sarumaha juga membantah pelantikan HMNI ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada 2020. Ia menyebutkan secara organisasi dan kelembagaan HIMNI bebas dari politik praktis, dan itu kita telah sepakati.

“ Kalau kemudian pengurus HIMNI yang bergerak atau bergabung dengan politik tertentu itu hak individualnya, tentu secara kelembagaan HIMNI tidak memberikan dukungan kepada siapapun secara administrasi dan ini demi keutuhan HIMNI sendiri,” tegasnya

Ia menyebutkan di HIMNI tentu memiliki warna yang berbeda. Karena dirinya selaku ketua DPD tidak bisa memaksa kehendak lantaran politik itu sampai 9 Desember, tetapi keutuhan masyarakat Nias untuk selamanya.

“ Untuk saat ini program kerja yang paling fokus adalah membereskan data Best dan administrasi masyarakat Nias, seperti KTP, akta nikah, akta lahir, dan pelatihan tenaga kerja dalam meningkatkan kompetensi SDM dan kita berharap Pemko Batam dan Kepri memberikan perhatian agar masyarakat Nias di kota Batam dan di Kepri bisa memberikan kontribusi dalam rangka kemajuan dam pembangunan Kepri dan kota Batam,” katanya. (Lian)

Posting Komentar

Disqus