Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



SERGAI, Realitasnews.com – Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si mengatakan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di kabupaten Sergai melonjak. 

“ Lima orang warga Sergai terkonfirmasi positif Covid-19 dan seorang pasien sembuh dari Covid-19,” kata Akmal saat ditemui sejumlah awak media di Posko Gugus Tugas, Jumat (24/07/2020)

Lebih lanjut Akmal menjelaskan sesuai informasi yang diperolehnya dari Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, 4 (empat) korban baru berasal dari klaster yang sama, yaitu pekerja disalah satu perusahaan swasta di Sergai, sedangkan satu korban lainnya merupakan petugas pemilu di kecamatan.

Akmal yang juga Kepala Diskominfo kabupaten Sergai menyebutkan masing-masing korban berdomisili dibeberapa kecamatan di Kabupaten Sergai. 

“ Korban pertama inisial M, pria berusia 30 tahun asal Kecamatan Pantai Cermin. Selanjutnya DA, wanita usia 35 tahun asal Kecamatan Pantai Cermin. Lalu AS, wanita berumur 24 tahun, domisili di Teluk Mengkudu. Lalu korban keempat inisial S, usia 38 tahun, warga Perbaungan,” katanya. 

Dkatakannya keempat korban merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan swasta di Sergai. Sedangkan korban kelima beridentitas inisial HS, pria berusia 43 tahun yang tinggal di Kecamatan Serbajadi.

“ Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan segera melakukan tindakan preventif sesuai prosedur yang berlaku seperti tracing terhadap kontak erat para korban serta aksi disinfeksi lewat penyemprotan cairan disinfektan di titik-titik lokasi yang dianggap rawan. Para korban juga akan mendapat tindakan medis yang diperlukan di rumah sakit yang dirujuk,” jelasnya lagi.

Hingga Saat Ini, 18 Warga Sergai Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Lebih lanjut Akmal menjelaskan ada 1 orang pasien warga Sergai yang sudah dinyatakan pulih dari Covid-19. 

“ Korban sembuh itu inisial RAD (27) yang merupakan warga Dolok Merawan yang berprofesi sebagai tenaga medis dan sempat menjadi relawan Covid-19. Setelah mendapat perawatan intensif di RS G.L. Tobing Tanjung Morawa, alhamdullilah yang bersangkutan sudah dinyatakan sehat,” jelasnya.

Perkembangan ini, kata Akmal, mengubah jumlah kasus di peta sebaran Sergai jadi 39 kasus.  Ia menjelaskan 20 kasus positif  Covid-19, yang akan dan sedang mendapat penanganan medis, 18 kasus sudah ditangani dan dinyatakan sembuh, sedangkan 1 kasus positif Covid-19 telah meninggal dunia. Kami tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat jika pandemi ini merupakan ancaman nyata yang mesti dihadapi secara sungguh-sungguh. 

“ Mari kita bersama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin demi meminimalisir penyebaran lanjutan virus ini di Kabupaten Sergai,” katanya. (Jan) 

Posting Komentar

Disqus