Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Foto: REUTERS/John Sibley

Paris , Realitasnews.com - Wales memastikan satu tempat di babak perempatfinal Piala Eropa. The Dragons menang 1-0 atas Irlandia Utara berkat gol bunuh diri Gareth McAuley.

Dalam pertandingan di Parc des Princes yang tuntas Minggu (26/6/2016) dinihari WIB, Wales tampil mendominasi dengan penguasaan bola 56%. Mereka juga lebih unggul dengan melepaskan tujuh tembakan.
Meski demikian, hanya satu percobaan Wales yang mengarah ke gawang. Itu baru tercatat di pertengahan babak kedua. Sementara itu, Irlandia Utara melepaskan enam tembakan dengan tiga yang mengarah ke gawang.

Setelah tak ada gol di babak pertama, kebuntuan baru terpecah di babak kedua. Serangan dari Wales lewat Gareth Bale menghasilkan gol bunuh diri McAuley.

Dengan kemenangan ini, Wales lolos ke perempatfinal. Mereka akan menghadapi pemenang dari laga antara Hongaria dan Belgia yang akan bertanding pada hari Senin (27/6/2016) pukul 02.00 WIB.
Jalannya Pertandingan

Wales memulai dengan baik di menit-menit awal. Namun Irlandia Utara perlahan menguasai bola.
Serangan Wales yang patah di menit ke-10 langsung dimaksimalkan oleh Irlandia Utara untuk menyerang balik. Setelah menyerang dari sisi kanan, bola kemudian dioper kepada Stuart Dallas yang bergerak dari kiri. Dallas melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang, tapi bisa ditepis oleh Wayne Hennessey dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Wales sempat mencetak gol di menit ke-19. Umpan Neil Taylor dibelokkan oleh Sam Vokes yang ada di dalam kotak penalti. Bola jatuh ke Aaron Ramsey yang berdiri di depan gawang dan mengonversikannya menjadi gol. Tapi wasit menganulirnya karena Ramsey lebih dulu ada di posisi offside.
Irlandia Utara gantian mengancam lewat tembakan jarak jauh Jamie Ward. Tak mau ambil risiko, Hennessey menepis bola ke atas gawang.

Wales lantas mendominasi permainan. Namun mereka masih kesulitan membongkar pertahanan Irlandia Utara. Sampai babak pertama usai, skor 0-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Irlandia Utara mengambil inisiatif menyerang. Tekanan dilancarkan oleh Irlandia Utara, namun belum ada peluang bersih yang diciptakan.

Peluang bagus justru didapat Wales di menit ke-53. Ramsey mengirim umpan dari sisi kanan dan disambut sundulan oleh Vokes. Tapi upaya striker Burnley itu masih melenceng dari gawang.
Lima menit berselang, Wales mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Bale yang sudah mencetak dua gol lewat tendangan bebas maju sebagai eksekutor.

Tendangan kaki kiri Bale melewati pagar betis Irlandia Utara dan mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Tapi Michael McGovern mampu menebak arah bola dengan tepat dan menghalaunya. Itu adalah shot on target pertama Wales dalam pertandingan ini.

Terus mendominasi permainan, Wales akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-75. Adalah gol bunuh diri yang memberi Wales keunggulan.

Bale yang bergerak dari sisi kiri mengirim umpan ke depan gawang. Gareth McAuley yang mencoba menghalau bola justru mengarahkannya ke gawang sendiri. Wales 1-0 Irlandia Utara.
Di sisa waktu pertandingan, Irlandia Utara terus menekan untuk mencari gol balasan. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada tambahan gol yang tercipta.

Susunan Pemain

Wales: Hennessey; Gunter, Chester, Williams, Davies, Taylor; Ledley (Williams 64'), Allen; Ramsey, Bale; Vokes (Robson-Kanu 55')

Irlandia Utara: McGovern, McAuley (Magennis 84'), J.Evans, Davis, Lafferty, C.Evans, Dallas, Norwood (McGinn 79'), Hughes, Ward (Washington 69'), Cathcart (detik.com)