Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Sumber Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Realitasnews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan, dalam waktu dekat pemerintah akan kembali melakukan penenggelaman terhadap kapal-kapal yang terbukti melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, setidaknya dalam waktu dekat ini akan ada 30 kapal yang akan ditenggelamkan.

"Dalam Juli 2016, Satgas 115 akan kembali menenggelamkan 30 kapal ikan yang sudah siap selesai proses hukumnya," kata Susi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Susi menyebutkan, Satgas 115 yang bekerja dalam memberantas illegal fishing telah menenggelamkan 176 kapal. Dari kapal yang ditenggelamkan, 162 berbendera asing yaitu Vietnam 63 kapal, Filipina 43 kapal, Malaysia 30 kapal, dan Thailand 21 kapal, serta masing-masing dua kapal berbendera New Genea, dan satu kapal berbendera Tiongkok, satu kapal berbendera Belize, dan satu kapal ikan tanpa kebangsaan. Sedangkan kapal berbendera Indonesia yang telah ditenggelamkan berjumlah 14.

"Kehadiran Satgas 115 telah dengan nyata memudahkan pelaksanaan operasi dan penanganan perkara kejahatan perikanan dan lainnya yang melekat dan berada di perairan wilayah Indonesia. Dengan luas wilayah laut dan perbatasan yang hampir 97 persen adalah laut dengan negara tetangga kita," tambahnya.


Tidak hanya itu, kata Susi, perbatasan darat Indonesia seperti di Kalimantan, Pulau Sebatik, Pulau Papua, dan Pulau Timor, maka eksistensi Satgas 115 memang sangat diperlukan, apalagi dalam menegakan hukum di wilayah perbatasan Indonesia.

"Karena 97 persen dari perbatasan wilayah laut kita dengan negara luar adalah wilayah laut," tutupnya.(okezone.com)