Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kanan) disebutkan akan segera bicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin (kiri) via telefon soal normalisasi hubungan dua negara (Foto: Osman Orsal/REUTERS)

ANKARA, Realitasnews.com  – Sejak insiden Sukhoi Su-24 milik Rusia ditembak jatuh F-16 Turki, hubungan kedua negara membeku. Tapi nampaknya kondisi bakal mencair lantaran Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berencana mengontak Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Hal ini didengungkan Perdana Menteri (PM) Turki yang baru, Binali Yιldιrιm, di mana suksesor Ahmet Davutoglu itu mengatakan Presiden Erdogan akan melakukan pembicaraan via telefon dengan Putin antara Rabu (29 Juni) atau Kamis (30 Juni).

“Turki dan Rusia tidak menyukai krisis ini (ketegangan Rusia-Turki). Pemimpin Turki (Presiden Erdogan) akan melakukan pembicaraan melalui telefon dengan Putin pada Rabu atau Kamis,” ungkap Yιldιrιm, dikutip Sputnik, Selasa (28/6/2016).

Niat baik Turki untuk menormalisasi hubungan dengan Negeri Beruang Merah ini, sedianya juga sudah diawali dengan pengiriman surat ke Kremlin – Kantor Kepresidenan Rusia yang diterima pada Senin, 27 Juni 2016 kemarin waktu setempat.

“Isi surat tersebut sudah jelas. Kami mengekspresikan penyesalan kami dan kami akan membayar kompensasi (insiden Sukhoi) jika diperlukan. Kedua negara ingin segera memulihkan hubungan. Dalam pikiran saya, kami sudah mencapai beberapa progres,” tuntasnya. (okezone.com)