Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com – PT Wassenar Karya Marga sedang memperbaiki jembatan 2 Dompak Tanjungpinang. Dalam proyek itu sebagai konsultan pengawas CV Exa Engineering Consultant. 

Nama program pemeliharaan jembatan II Dompak Tanjungpinang tersebut, rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan. Paket pekerjaan pemeliharaan berkala Jembatan 2 Dompak dengan nilai kontrak Rp 8.715.845.000 dengan sumber dana APBD Provinsi Kepri tahun anggaran 2020. Pengerjaan selama 240 hari kalender.

Untuk melihat sejauh mana pengerjaan proyek itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Rudi Chua meninjau langsung proses pemeliharaan atau rehabilitasi Jembatan tersebut pada Kamis (9/7/2020).

Selama pengerjaannya, jembatan II Dompak ini ditutup karena tiang-tiangnya sudah keropos dan dikhawatirkan ambruk sehingga ditutup. Sekarang jembatan ini sedang diperbaiki.

“Pertama saya ke sini untuk kita melihat dulu kondisi pengerjaannya,” kata Rudi Chua.

Rudi menyebutkan sesuai keterangan yang diperolehnya, bahwa garansi bangunan ini bisa 20-25 tahun ke depan.

Meski garansi yang diberikan maintenance free atau bebas perawatan tentu secara berkala tetap di pantau dan dipelihara.

“Jangan sampai membangun gampang, tapi pemeliharaan diabaikan. Ini yang penting harus ditekankan,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan ditutupnya jembatan tersebut sirkulasi lalu lintas di Tanjungpinang terganggu sekali. Hampir setiap hari, kelihatan saat jembatan terhenti terjadi kemacetan di mana-mana, khususnya sore hari waktu pulang kerja. Khususnya jalan simpang Ramayana sampai Pamedan.

“Kalau jembatan ini siap akan meringankan beban lalu lintas di beberapa titik. Sebagian pegawai Pemprov berdomisili di Tanjungpinang Timur, belum lagi mahasiswa,” tegasnya.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pertanahan Provinsi Kepri Rodi Yantari menyampaikan pekerjaan sudah 10,7 persen.

“Kami optimis target selama 240 hari kalender di akhir Desember sudah bisa difungsikan (uji coba) dengan catatan beban bisa melewati 3 ton ke bawah,” ujarnya.

Dalam pemeliharaan tahap pertama ini sebanyak 68 tiang yang korosi diperbaiki dari 156 tiang titik lebih. Tahap kedua nanti tahun 2021, semua akan diperbaiki.

“Pekerjaannya istilahnya jecketing tiang, jadi tiang yang putus atau korosi ditambah lagi, dilapisi sehingga kokoh dengan garansi yang disebut tadi,” ujarnya.

Ia mengatakan setelah jembatan tersebut selesai, secara normal nanti akan dilakukan kajian, bila sudah benar baru bisa dibuka untuk umum.

 (Red)

Posting Komentar

Disqus