Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



TANJUNGPINANG, Realitasnews.com – Segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengikuti upacara bendera yang berlangsung di Lapangan Apron Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang di Jalan Nusantara Tanjungpinang Kepri, Senin (17/2/2020).

Upacara bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulan ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M, Tr .Hanla., dan yang bertindak selaku komandan upacara (Danup) Mayor Laut (T) Aris Yulianto.

Upacara tersebut diikuit oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS yang berada di Tanjungpinang.

Pelaksanaan upacara diawali dengan penaikan Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, pembacaan Pembukaan UUD’45, pengucapan Sapta Marga, pembacaan Sapta Prasetya Korpri serta pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) oleh Inspektur upacara (Irup).

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dalam amanat tertulis yang dibacakan Irup  antara lain mengatakan  selain harus membangun kekuatan pertahanan negara yang tangguh serta mendidik SDM yang mampu berkompetisi di era teknologi ini, kita juga perlu memahami dan mengantisipasi segala bentuk ancaman yang terkadang tidak tampak dipermukaan.

 

“ Dalam kurun waktu belakangan ini, ada beberapa isu keamanan yang menarik perhatian dunia pertama, wabah virus novel-corrona atau dikenal dengan nama kedokteran covid-19, telah mengakibatkan korban meninggal dalam angka yang cukup besar dan cukup luas penyebarannya di dunia,” kata Kasal.

Ia menyebutkan salah satu cara yang paling efektif mencegahnya adalah melalui kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan masing-masing individu.

“ Perlu diingat bahwa situasi yang sudah cukup membuat panik ini, tidak perlu lagi diperkeruh dengan penyebaran berita menyesatkan (hoax) yang hanya akan menambah kepanikan masyarakat,” jelas Kasal

Hal yang kedua, kata Kasal, dunia Internasional juga dikejutkan oleh kejadian penembakan yang terjadi minggu lalu di Thailand, dimana puluhan korban warga sipil telah menjadi korban.

“Mengantisipasi hal tersebut, saya perintahkan kepada seluruh Komandan satuan untuk secara berkala dan ketat mengawasi penggunaan amonisi maupun senjata terlepas dari tuntutan tugas,” ungkapnya.

Sebelum mengakiri amanatnya, Kasal menegaskan salah satunya adalah “Pertama dengan merebaknya virus coronavirus (covid-2019) di banyak negara, agar tiap personel TNI Angkatan Laut meningkatkan kewaspadaan baik pribadi maupun keluarga dengan cara senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Kedua agar segenap personel TNI Angkatan Laut mendukung pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 yang akan diselenggarakan secara online yang akan memungkinkan tingkat partisipasi yang tinggi”, pungkasnya.

Ditempat yang berbeda Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., juga memimpin pembacaan amanat Kasal di Lapangan Apel Mako Lantamal yang dihadiri oleh para Pejabat Utama Lantamal IV, para Kadis dan Kasatker serta para Pamen Lantamal IV.

( Dispen Lantamal IV)

Post a Comment

Disqus