Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




SERGAI, Realitasnews.com - Sebagai upaya dalam mengembangkan dan memperkuat wawasan, pengetahuan serta memantapkan penyelenggaraan pemerintahan desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Pembekalan bagi Kepala Desa periode yang baru dilantik pada akhir April lalu, bertempat di  Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (11/5/2022).

Bupati Sergai H Darma Wijaya saat membuka kegiatan menyampaikan jika Kepala Desa merupakan ujung tombak, suksesi penyelenggaraan pemerintahan di desa. Hal ini, lanjut Bupati, karena Kepala Desa berkedudukan sebagai kepala pemerintahan dalam lingkup desa yang memiliki berbagai peran dan tugas untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

" Kepala Desa yang sudah dilantik secara implisit sudah menyandang sebagai pamong yang berarti harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya," katanya dihadapan seluruh yang hadir antara lain; Sekdakab Sergai, H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si, para Kepala OPD serta para peserta pembekalan.

Bang Wiwiek, demikian akrab disapa,  mewanti-wanti agar para Kepala Desa yang baru dilantik selalu mengikuti aturan yang berlaku dalam proses penggunaan dana desa maupun penyelenggaraan pemerintahan desa. 

" Kalian harus hati-hati dalam menggunakan dana desa, segala yang berkaitan dengan keuangan seperti kewajiban membayar pajak harus segera diselesaikan agar jangan menimbulkan masalah terutama yang berurusan dengan hukum. Tekatkan dalam diri, jangan ada lagi Kepala Desa yang tersandung berbagai masalah, salah satunya menyangkut masalah hukum," tegas Bupati. 

Ia juga menyinggung jika kegiatan yang berlangsung hari ini hendaknya dapat dipahami dan dipelajari dengan baik untuk kemudian diimplementasikan dalam urusan pekerjaannya. 

" Sebaiknya jangan berleha-leha, tetap pokus mengikuti kegiatan. Yang fokus saja terkadang belum bisa memahaminya, apalagi tidak fokus. Jalankan tugas memimpin masyarakat desa dengan baik. Dan yang terpenting adalah selalu menjalankan sikap disiplin, karena dengan menerapkan kedisiplinan kita akan.meraih kesuksesan," pesan Darma Wijaya.

Terkait dengan upaya penanganan pandemi Covid-19, Pemkab Sergai juga sedang gencar menggelar vaksinasi. Saat ini, ungkap Bupati lagi, capaian vaksinasi dosis III (booster) baru mencapai 16%. Oleh karenanya Bupati meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk dapat bersinergi meningkatkan capaian vaksinasi booster hingga mencapai 30%.

Sedangkan mengenai pembangunan infrastruktur jalan, diharapkan terus berlanjut dengan tetap mengajak masyarakat untuk merawatnya. Ia juga berpesan agar jangan pernah kendor, harus maju terus, jangan takut dengan orang yang ingin menjatuhkan, tekadkan pembangunan untuk masyarakat maka semua akan berjalan dengan baik. ujarnya sembari menambahkan jika pembangunan yang ada, baik pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten memerlukan perawatan salah satunya yang datang dari masyarakat, sebab bencana akan terhindar atau terminimalisir jika kita semua dapat merawat fasilitas yang ada.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Darma Wijaya berharap hasil dari kegiatan ini akan berdampak positif untuk masyarakat yaitu dengan munculnya pemimpin desa yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, memahami segala peraturan yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas dan mampu menggerakkan seluruh potensi masyarakat menuju taraf yang lebih baik dan sejahtera, pungkasnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber ini berlangsung selama 2 (dua) hari,terhitung mulai hari ini, diikuti para Kepala Desa yang baru dengan sangat antusias. (Jan)

Posting Komentar

Disqus