Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Rakorwil APKASI Digelar, Fokus Tingkatkan Kerja Sama Antar Daerah
Bupati Sergai H Darma Wijaya (Fhoto : Ist)


SERGAI, Realtasnews.com - Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk Wilayah Sumatera Utara (Sumut) akhirnya digelar pada hari ini, Kamis (19/5/2022). Rakorwil yang diikuti seluruh Bupati/perwakilan se-Sumatera Utara ini dilaksanakan di di Gedung Baru Kantor Bupati Sergai.

Dalam Rakorwil bertema “Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah”, Bupati Sergai menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Daerah atas kesediaanya untuk menjalin kerja sama antar daerah guna meningkatkan pendapatan daerah dan mendukung pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Rakorwil Sumatera Utara mengutamakan kerja sama yang saling menguntungkan. Selaku Koordinator Wilayah APKASI Sumut, pada Rakorwil perdana ini saya mengatakan kita dapat mengemban amanah APKASI sesuai dengan visi yaitu membangun sinergi kerja antar pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat dengan semangat keberagaman wilayah sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi.

Bupati menyebut, ada beberapa hal yang mesti dibangun dengan maksimal sesuai dengan visi APKASI yang dicetuskan oleh Ketua Umum yaitu ,membangun sinergi tata kelola pemerintahan yang baik sebagai upaya menyelaraskan program pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten terutama dalam bidang ekonomi, sumber daya manusia dan pembangunan; menyelaraskan program pembangunan infrastruktur pemerintah pusat dengan program kabupaten untuk mempermudah akses ekonomi dan orang sehingga pembangunan berjalan efisien dan bermanfaat bagi masyarakat luas; memperkuat hubungan perdagangan antar kabupaten agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat; meningkatkan kerjasama bidang sosial-kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi nasional akibat Covid-19; Memperkuat kolaborasi antar daerah dalam rangka Pelestarian nilai-nilai adat-budaya yang ada di seluruh kabupaten; Meningkatkan solidaritas antar daerah dalam penanggulangan bencana alam dan non-alam yang menimpa kabupaten, provinsi dan nasional.

“Saat ini Pemkab Sergai terus berpacu membuat berbagai terobosan dalam menjalin kerja sama dengan 25 Kabupaten se-Sumut. Saya mengajak seluruh Kepala Daerah agar melakukan koordinasi lanjutan untuk terwujudnya kerja sama antar kabupaten di Sumut,” harapnya.

Rakorwil APKASI Digelar, Fokus Tingkatkan Kerja Sama Antar Daerah

Sementara itu Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan Rakorwil yang dilaksanakan pada hari ini penting dilakukan bagi peran dan fungsi APKASI, salah satunya adalah memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan anggota yang ada di wilayahnya, baik di tingkat provinsi maupun pusat.

“Maka dalam hal ini saya mengingatkan agar seluruh daerah memperkuat kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antar daerah. Sesuai dengan pesan Presiden, kita mesti terus memperkuat perdagangan antar daerah, kabupaten, provinisi, dan pulau. Selain itu, masing-masing daerah harus punya produk unggulan masing-masing dan tentunya yang tak kalah penting juga kita mesti memperkuat sektor UMKM,” tegasnya.

Secara khusus, pria yang juga menjabat sebagai Bupati Dharmasraya ini memuji Bupati Sergai karena pilihannya mengadakan Rakorwil di Kantor Bupati Sergai yang baru didirikan, bukan di hotel seperti biasanya.

“ Ini bisa dibilang sekaligus sarana untuk mempromosikan Kabupaten Sergai. Pembangunan gedung Kantor Bupati ini juga cepat, hanya dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. Intinya kalau kita fokus dan tepat melaksanakan anggaran, Insya Allah dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat,” sebutnya.

Di kesempatan ini Ketua Umum juga menginformasikan jika Rakernas APKASI akan dilaksanakan pada 18 Juni. Hasil dari Rakorwil hari ini, sebutnya, akan dibawa dalam Rakernas yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI dan dihadiri oleh beberapa Menteri.

“Rakernas nanti sekaligus dirangkaikan dengan HUT APKASI. Dan di situ nanti akan diadakan juga APKASI Otonomi EXPO. Saya meminta Bapak dan Ibu Kepala Daerah bisa hadir serta membawa produk-produk unggulannya,” sebut Sutan.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil 1 yang juga Wali kota Medan Bobby Nasution yang hadir dalam acara ini menyebut bulan depan giliran organisasinya yang akan melaksanakan Rakorwil I bertepatan dengan HUT Kota Medan pada 1 Juli.

“ Saya mengundang seluruh Kepala Daerah untuk berkunjung. Saya juga berharap sebelum pulang nanti, agar mampir ke Kota Medan. Bantulah ekonomi kota Medan. Belanja di sana. Kota Medan siap mengakomodasi,” sebutnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Mhd Fitriyus, SH, MSP membuka sambutannya dengan memuji Gedung Kantor Bupati Sergai yang bagus.

Mewakili Gubernur, dirinya menyampaikan jika selama ini seluruh pihak telah berjuang bersama Forkopimda dan masyarakat untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

“ Rata-rata (kasus aktif) sudah zero belakangan ini. Hanya Medan saja yang bertambah, itu pun cuma 2. Jadi, mari kita berdoa, kiranya pandemi Covid bisa hilang, dan 100 persen kita dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” harapnya.

Ia melanjutkan, tujuan dari APKASI ini sangat baik sekali. Di samping mengkoordinasikan pemerintah daerah dan pusat, ia menyebut APKASI juga berperan sebagai fasilitator kepentingan daerah dan pusat, serta menciptakan kerja sama dan kolaborasi yang sangat menguntungkan.

“ Khususnya pasca pandemi Covid ini kita harus bangkit kembali. Karena masih tersisa masalah perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Kiranya apa yang dihasilkan hari ini dapat diaplikasikan semuanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Di kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Kerjasama (MoU) antar kabupaten yang berisi tentang peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah.

Selain itu ada pula seminar yang dibagi ke dalam dua sesi yang dimoderatori oleh Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, yaitu bertema kerja sama antar daerah dalam rangka peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan Pemerintah daerah dengan narasumber Kasubdit Pendapatan Daerah Wilayah III Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Zainal Ahmad, AP, MAP, dan materi kedua dengan tema Sosialisasi Urgensi Metrologi Legal Menuju Indonesia Tertib Ukur yang dibawakan oleh  Ketua Tim Kelembagaan dan Penilaian Direktorat Metrologi , Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Herosobroto, ST, MSE.

Hadir dalam Rakorwil ini para Bupati/perwakilan seluruh Kabupaten se-Sumut, jajaran Forkopimda Sergai, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (jan)

Post a Comment

Disqus