Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




BATAM, Realitasnews.com -  Bertempat di Dataran Engku Hamidah, Pemko Batam menggelar upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor yang merupakan tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan, Senin (16/8/2021) malam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama unsur Forkopimda Batam mengikuti kegiatan ini dan berlangsung khidmat. Untuk pawai obor yang diikuti TNI-Polri, Satpol PP, Ditpam, dan Pramuka tersebut, dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Bundaran Madani.

Bertugas sebagai inspektur upacara yakni Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan. 
"Ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-76 RI," ujar Dandim.

Kegiatan yang dilaksanakan di tengah pandemi itu sangat menekankan penerapan protokol kesehatan. Dandim menegaskan, sebelum upacara, semua personel yang terlibat dalam upacara tersebut sudah dilakukan tes swab.

"Berisan juga diatur jaraknya. Ini komitmen Forkopimda Batam agar Covid-19 di Batam menurun," katanya.

Untuk diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

Selain Upacara Taptu dan Pawai Obor, rangkaian HUT ke-76 tingkat Kota Batam di malam yang sama, dilanjutkan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.

Kemudian, acara berlanjut Upacara Peringatan HUT ke-76 RI pada Selasa 17 Agustus 2021 di Dataran Engku Puteri pukul 07.00. Kemudian, Upacara Detik-detik Proklamasi secara virtual dari Istana Negara, Selasa 17 Agustus 2021 di Aula Kantor Wali Kota Batam pukul 09.30.

Pada siangnya, Pemberian Remisi di Lapas Kelas II Batam dan Upacara Penurunan Bendera di Dataran Engku Puteri pukul 16.00, dilanjutkan Mengikuti virtual upacara penurunan bendera dari Istana Negara di Aula Engku Hamidah dan Resepsi Dirgahayu Kemerdekaan RI. (MC)

Posting Komentar

Disqus