Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Lantik 75 Kades Terpilih, Ini Pesan Yang Disampaikan Bupati Lingga



LINGGA, Realitasnews.com – Bupati Lingga M Nizar bersama Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy telah melantik 75 Kepala Desa yang terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 lalu. Pelantikan dan pengambilan sumpah dan jabatan dilakukan di Halaman kantor bupati Lingga, Senin (30/08/2021).

Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sebelum dilantik seluruh Kepala Desa wajib melakukan swab antigen. Dari hasil itu ada dua Kepala Desa yang akhirnya ikut pelaksanaan pelantikan secara virtual. 

Bupati Lingga, Muhammad Nizar dalam pidatonya menyampaikan beberapa pesan yang harus menjadi perhatian mutlak bagi setiap Kepala Desa yang telah diambil sumpah jabatannya.

Pertama, dia meminta setiap Kepala Desa untuk lebih giat turun ke lapangan, memastikan pelayanan dan program kegiatan dilakukan atau dilayani  tepat pada sasaran. Keharusan itu menurut Nizar sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan masyarakat pada tingkat kinerja kepala desa. Semakin baik pelayanan diberikan maka semakin meningkat kepercayaan masyarakat.

" Dengan rajin ke lapangan maka Kepala Desa semakin mudah menggerakkan semangat swadaya, semangat gotong royong, konsep desa  membangun dan membangun desa. desa kerja bersama dan desa bersama kerja," jelas dia.

Bupati Lingga juga meminta, pada Kepala Desa - Kepala Desa untuk mengendepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas. Ia menghimbau agar seluruh Kades melakukan gerakan-gerakan inovatif pada roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, sebagai upaya mewujudkan visi misi desa yang disejalan dengan visi-misi daerah.

" Berkerja secara profesional dengan dedikasi dan loyalitas yang sepenuhnya untuk kemakmuran masyarakat dan kemajuan desa, tanpa memandang aspek apapun," harap dia.

Kemudian beliau mengajak Kepala Desa segera merangkul kembali persatuan, dan mengkonsolidasikan agar tercipta situasi tetap kondusif yang pada pemilihan kemarin sempat terkotak-kotak karena beda pilihan.

"Rajut dan tenun semangat satu dalam Bhinneka Tunggal Ika dalam Persatuan di tengah-tengah masyarakat,"katanya.

Lantik 75 Kades Terpilih, Ini Pesan Yang Disampaikan Bupati Lingga

M Nizar menambahkan seorang Kepala Desa, harus  menjadi sosok pemimpin dan teladan bagi masyarakat dalam hal pengelolaan dana desa, yang harus dijalankan secara transparan akuntabel parsipatif dan dilakukan secara tertib dan disiplin anggaran. Hal ini penting karena anggaran yang cukup besar, maka itu penuh kehati-hatian.

"Kami tidak ingin ada satupun Kepala Desa yang hari ini dilantik terjerat hokum, karena mengkriminalisasi dana desa atau hal lain yang bertentangan dengan regulasi. Kepala Desa harus menjunjung tinggi tugas dan kode etik," pinta dia.

Menurutnnya berkoordinasi itu penting, apalagi desa dengan wilayah yang potensial menjadi bakal menjadi tempat yang dilirik para investor. Oleh karena itu, beliau mengharapkan Kepala Desa tidak mengambil keputusan sendiri, setidaknya ada koordinasi dengan daerah, minimal kecamatan.

" Saya tidak mau pengalaman yang sudah-sudah terulang lagi, ada desa yang bermain akhirnya terjebak dengan kebijakan sendiri," jelas dia. 

Beliau juga meminta setiap Kepala Desa untuk menanamkan jiwa kompetisi, terutama dalam kompetisi demi mempercepat kemajuan dan pembangunan di desa masing-masing. Ada persaingan antara desa satu dengan desa lainnya untuk kemajuan desa. Dengan harapan desa bisa menciptakan satu keunggulan kompetitif maupun komperatif masing-masing, dengan istilah "one village one produk".

" Kemudian saya meminta, pantau dan awasi setiap kegiatan pembangunan baik dari kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional yang ada di desa masing-masing, agar pelaksanaan tidak ada penyimpangan, dan akhirnya berdaya guna bagi masyarakat. segera laporkan secara berjenjang bila ada hal yang bertentangan dengan ketentuan," katanya.

Bupati M Nizar berpesan kepada Kepala Desa untuk bisa menganggarkan dana kegiatan dari APBDes untuk program-program penanganan Covid-19 dan menyinggung soal program vaksinasi. Ia juga meminta kepada 12 desa yang belum melakukan vaksinasi sama sekali, agar segera melakukannya di desa masing-masing.

" Apa ada Kepala Desa terpilih hari ini yang belum divaksin baik dosis satu maupun due, untuk segera ikut vaksin, karena kita ada role model untuk masyarakat kita," katanya.

Beliau berharap apa yang disampaikan dapat menjadi perhatian bersama dan dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Agar selamat selama menjabat sebagai Kepala Desa dan desa yang dipimpinnya dapat tertib dan kondusif.

" Selamat, kepada Kepala Desa yang telah dilantik hari ini. Kita sudah berbasah-basah, mudah-mudahan sampai selesai acara berlangsung khidmat. Semoga amanah dalam segala hal, dapat membawa perubahan untuk pembangunan yang lebih baik, untuk desa masing-masing," katanya.
(Hms/JH)

Posting Komentar

Disqus