Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Pjs Gubernur Kepri Usulkan Nama Jembatan Babin Jembatan Kelana Jaya Putra



BATAM, Realitasnews.com – Jembatan Batam-Bintan (Babin) rencananya akan dibangun tahun 2021 mendatang dan diharapkan selesai pada 2023. Jembatan tersebut akan menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tanjungsauh, Pulau Buau dan Pulau Bintan dan rencananya dibangun menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), meski tidak menutup kemungkinan melibatkan penanam modal.

Jembatan tersebut akan diberi nama jembatan Kelana Jaya Putra. Usul nama jembatan itu disampaikan oleh Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin saat melakukan pemancangan titik awal lokasi landing point pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) pada Selasa (1/12/2020) di Kabil, Batam.

Ia menyebutkan akan mengajukan ke Pemerintah Pusat nama jembatan penghubung Batam – Bintan itu jembatan Kelana Jaya Putra.

"Saya akan usulkan nama jembatan ini, gelar bangsawan yang memindahkan pusat kerajaan Riau Lingga Johor Pahang, namanya Kelana Jaya Putra," katanya. 

Beliau menyebutkan dinilai jika nama jembatan babin kurang tepat. Alasannya, ada empat pulau yang dilewati. Sehingga, kurang tepat kalau disebut nama jembatan Babin.

“Nanti kita pikirkan. Di kepala saya, usulkan nama gelar pahlawan. Panglima Perang, Dipertuan Muda Pertama Kelana Jaya Putra. Yang memindahkan kerajaan dari Johor. Tapi itu keputusan nanti di Presiden. Ada LAM dan tokoh-tokoh masyarakat. Raja-raja lain sudah banyak disebut (penamaan). Yang Kelana Putra Jaya malah belum ada,” katanya.

Bahtiar yang juga Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menyebutkan nama itu sekaligus untuk mengenang panglima perang yang juga dipertuan muda pertama Riau itu.

Alasan memberi nama jembatan itu jembatan Kelana Jaya Putra, sebab menurutnya Kelana Jaya Putra pernah mengendalikan daerah ini.

“ Saya telah berkeliling wilayah Provinsi Kepri dan mendapatkan gedung, bandara dan bangunan strategis lainnya yang diberi nama tokoh asal Kepri,  seperti Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah. Namun, belum ada bangunan dengan nama Kelana Jaya Putra yang mendapat gelar yang dipertuan muda pertama,” katanya.

Dalam melakukan pemancangan itu Pjs. Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin bersama Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Darmawan, Danlantaman IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, Kaskoggabwilham Kogabwilhan I Mayjend TNI Syafruddin, Pjs. Walikota Batam, Syamsul Bahrum dan Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, BPN Kepri Askani. (Red/Lian) 

Posting Komentar

Disqus