Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Fhoto : Istimewa



BATAM, Realitasnews.com
– Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Kepri dan PSMTI Kota Batam akan melaksanakan Bakto Sosial (Baksos) berupa Operasi Bibir Sumbing.

Operasi bibir sumbing itu akan dilaksanakan pada tanggal 25 - 31 Mei 2023 mendatang, di Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Kegiatan yang mengusung thema “Bakti Sosial Smile Asia “ ini juga didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Dinas Kesehatan Kota Batam, Konsulat Jenderal Singapura dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia.
 
Direktur Rumah Sakit Awal Bros Botania, dr Retno Kusumo MARS kepada wartawan di RSAB Botania mengatakan, operasi ini khusus diperuntukkan bagi masyarakat Kepri yang kurang mampu. Ia menyebut bagi masyarakat yang ingin melakukan operasi bibir sumbing cukup dengan menunjukkan identitas seperti Kartu Keluarga dan KTP.

Adapun Misi dari kegiatan ini, kata dia, untuk mengembalikan senyum anak-anak Kepri agar dapat meraih impian dan bersosialisasi tanpa keminderan. 

“ Operasi bibir sumbing ini gratis untuk masyarakat Kepri. Poster kegiatan bakti sosial telah kami sebar diseluruh Puskesmas yang ada di Kepri. Target dari operasi bibir sumbing ini untuk 60 lebih pasien,” katanya.

Kemudian dr Retno mengatakan pihaknya berharap seluruh pasien yang mendaftar lolos screening sehingga si pasien bisa langsung ditangani.

Retno mengatakan untuk kesiapan pelaksanaan Operasi Bibir Sumbing pihaknya juga didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi.

Terkait teknisnya, Retno menjelaskan seluruh peserta akan diperiksa terlebih dahulu pada hari pertama dan kedua. Setelah itu dilakukan penjadwalan operasi jika si peserta sudah dinyatakan layak oleh dokter spesialis untuk dilakukan bedah plastik. 

Bagi anak yang dapat dilakukan operasi bibir sumbing usianya minimal 3 bulan dengan berat badan sekitar 5 kilogram.

Dalam melaksanakan kegiatan Bakti Sosial ini, pihaknya akan dibantu sejumlah dokter relawan seperti : dokter spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung beserta asisten dokter dan penunjang medis dari RS Awal Bros Botania.

Sementara Ketua PSMTI Kepri Randy Tan mengatakan kegiatan ini terwujud atas kolaborasi tim dengan Smile Asia. 

Randy mengatakan pihaknya menargetkan, ingin Kepri bebas bibir sumbing. Sehingga anak-anak lebih percaya diri menghadapi masa depan.

Dalam melaksanakan Bakto Sosial ini, panitia menyediakan transportasi, akomodasi dan konsumsi untuk pasien dan 1 orang pendamping selama di Batam.

Untuk diketahui, biaya operasi bibir sumbing ini memakan biaya sampai Rp 20 juta.

“Ini adalah tugas mulia, mari bersama-sama menyukseskan program operasi bibir sumbing gratis ini,” sebutnya.

Lanjut Randy Tan, untuk memudahkan pasien yang berada di luar pulau Batam untuk mengikuti ini, panitia menyediakan transportasi, akomodasi dan konsumsi untuk pasien dan satu orang pendamping selama di Batam.

Untuk persyaratan, pasien perlu melampirkan Kartu Keluarga, KTP, serta foto pasien saat mendaftarkan diri. Pendaftaran dapat menghubungi customer care RS Awal Bros Botania di nomor +62831 7821 8757 atau melalui email marketing.btc@awalbros.com atau melalui official PSMTI Batam. (Lian)

Posting Komentar

Disqus