Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Bupati Sergai Pimpin Upacara  Kesiapsiagaan Bencana Alam Karhutla Tahun 2021


SERGAI, Realitasnews.com -   Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya memimpin upacara pada Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021,  Senin (29/3/2021) di Lapangan Mapolres Sergai Sei Rampah.
Upacara itu juga dihadiri oleh Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Kajari Sergai Donny Haryono Setyawan, Ketua Pengadilan Negeri Sergai Rio Barten Hasahatan Pasaribu, Kepala OPD, Camat, para Kapolsek, stakeholder terkait, jajaran TNI/Polri, BPBD, Basarnas, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Damkar.

Dalam sambutannya Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan bahwa sebagai negara dengan hutan tropis terbesar ke-3 di dunia setelah negara Brazil dan Republik Demokratik Kongo, Indonesia memiliki hutan tropis seluas 125 juta hektar yang tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Untuk Provinsi Sumatera Utara (Provsu) lanjutnya lagi, dengan 33 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Sergai, memiliki kawasan perkebunan yang luas dan sangat rawan terhadap bencana kebakaran.

“ Sejak tahun 2015, karhutla menjadi perhatian khusus bapak Presiden RI Joko Widodo yang selalu memberikan arahan khusus dalam penanganan karhutla. Dalam menindaklanjuti arahan Presiden, kita harus mengambil langkah strategis dalam penanganan karhutla antara lain melakukan patroli secara rutin keperusahaan untuk mengetahui sejauh mana sarana dan prasarana penanganan karhutla. Selanjutnya melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas serta Kepala Desa untuk mendukung patroli tersebut. Selain itu juga untuk menumbuhkan persamaan persepsi dalam proses penegakan hukum dengan Gakkumdu plus,”urai Bupati.

Bupati menambahkan  pada tahun 2020, penanganan Karhutla sudah semakin terkoordinir, dimana jumlah titik kebakaran (hotspot) menurun dibandingkan 2019. Pada tahun 2020 jumlah hotspot sebanyak 89 titik, turun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 120 titik.

Oleh karenanya, dengan adanya apel kesiapan ini, Bupati berharap seluruh petugas bekerjasama dan bekerja keras dalam penanggulangan karhutla tahun 2021 di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” katanya.

Tak lupa juga Bupati menghimbau kepada masyarakat agar tidak meninggalkan rumah dengan keadaan listrik menyala, sebab kebakaran yang harus diantisipasi tidak hanya kebakaran hutan dan lahan, namun juga kebakaran rumah.

“ Kemarin ada kebakaran rumah penjaga sekolah di Sei Rampah, kebakaran diduga akibat arus pendek listrik. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang memiliki lampu gantung di atas tempat tidur harus waspada. khawatir lampunya meledak dan percikan apinya mengenai tempat tidur akan menyebabkan kebakaran,”tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang mengatakan  pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah dalam menangani karhutla yang ada di Sergai.

“Kita memiliki personil gabungan dalam penanganan karhutla. Ketersediaan lahan basah kita juga cukup dalam menangani karhutla,”ujar Kapolres.

Mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat di Sergai, Kapolres menjamin kondisi Kamtibmas di wilayah ini kondisif dan terkendali.

” Saya yakin sikap toleransi masyarakat sudah sangat baik, baik antar umat beragama maupun antar umat seagama. Kita juga sudah perintahkan seluruh jajaran untuk waspada atas gangguan Kamtibmas yang terjadi di daerah ini,”tandasnya. (Bon)

Posting Komentar

Disqus