Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LINGGA, Realitasnews.com - Kegiatan pembukaan verifikasi lomba desa aman pangan tingkat nasional oleh BPOM-RI dilaksanakan di desa Batu Kacang, kecamatan Singkep, kabupaten Lingga, Rabu (05/02/2020)

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar,S.sos yang mewakili Bupati Lingga, Kepala BPOM RI diwakili oleh Ruki Fanaike Stp,Msi, Kepala BPOM Batam Yosef Dwi Irawan S.si, Apt, Ketua DPRD Kab Lingga Ahmad Nashirudin, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Yusrizal SH, Kepala BPOM Batam Yosef Dwi Irawan S.si,Apt, Ketua Penggerak PKK Kab Lingga Hj Heryulita Alias Wello, Ketua Penggerak PKK Kec Singkep Ratna Rilawati,  Kapolsek Singkep diwakili Bripka M.Yusuf, Plt.Camat Singkep Agustiar, Kades Batu Kacang Suharkopeni,Babinkamtibmas Desa Batu Kacang Briptu Khatib Maal.

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar,S.sos yang mewakili Bupati Lingga dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua BPOM RI dan BPOM Batam dan mengharapkan setelah melihat desa Batu Kacang dapat memberikan penilaian dengan nilai plus.

“ Saya atas nama Pemkab Lingga dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada BPOM yang telah memberikan kesempatan kepada Desa kami untuk mengikuti lomba Desa Aman Pangan tingkat Nasional, semoga Desa Batu Kacang mendapat nilai bagus dan saya berharap masuk 3 besar tingkat Nasional,” katanya.

Ia mengharapkan agar tim Verifikasi pengawasan tidak salah sasaran dalam melakukan penilaian, melainkan yang dinilai adalah warung atau rumah tangga yang layak.

Wabup Lingga mengharapkan desa Batu Kacang dapat menang ditingkat nasional dan desa-desa lainnya dapat mengikuti atas capaian desa Batu Kacang.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPOM RI diwakili oleh Ruki Fanaike Stp,Msi menyampaikan lomba Desa aman pangan ini merupakan apresiasi dari Program Pemberdayaan masyarakat melalui BPOM supaya turut serta dalam menjaga ketahanan pangan agar tetap aman.

“ Keamanan Pangan tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat hal ini juga merupakan tanggung jawab dari masyarakat dimana masyarakat berperan penting untuk mengkonsumsi pangan tersebut dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi,” kata Ruki Fanaike Stp,Msi

Lomba Desa ini, lanjutnya, dimulai dari tahun 2015 dan pada tahun ini diikuti oleh 29 Desa dari 29 provinsi diseluruh Indonesia, untuk Provinsi Kepri Desa Batu Kacang dipilih menjadi perwakilan Desa yang ikut serta dalam lomba Desa Aman Pangan ini.

“ Alhamdulillah Desa Batu Kacang masuk nominasi 7 besar,” ungkapnya

“ Untuk penilaian nanti kita akan lakukan pengecekan pada praktek pangan rumah tangga dan juga praktek pangan UKM di Daerah Desa Batu Kacang ini, semoga hasilnya kelak sesuai harapan dan bisa berjalan dengan lancer,” imbuhnya


Ia mengharapkan agar program ini bisa berkelanjutan untuk kedepannya dan bisa mendorong pendapatan ekonomi di Kab-Lingga ini.

Sementara itu, Kepala BPOM Batam Yosef Dwi Irawan S.si, Apt memberi apresiasi kepada Pemkab Lingga atas dukungannya dalam terselenggaranya acara ini.

“ Berbicara tentang pangan tentunya tidak terlepas dari tiga Aspek penting yaitu Aspek kesehatan, ketahan pangan dan daya saing yang tinggi. Pagi ini merupakan bentuk komitmen kita bersama bagaimana program ini bisa membuahkan hasil dan untuk saat ini Desa Batu Kacang masuk nominasi tujuh besar tingkat Nasional,” katanya

“ Semoga Desa Batu Kacang ini bisa masuk tiga besar tingkat Nasional dan mampu berkomitmen membangun dan meningkatkan daya saing pada daerah-daerah lain dan Harapan saya hal ini dapat diikuti oleh Desa-Desa lain yang ada di Provinsi Kepri dan di Kab Lingga khusunya,” tutupnya

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadisdik Kab Lingga Djunaidi Adzam, Kadisduk Capil Kab Lingga Samsyudi, Sekretaris Dinkes Kab Lingga Mulkan Azima, Ka PTSP Kab Lingga diwakili Abdul Hamid, Kadis PMDS Kab Lingga Dodi Suhendra S.Stp, Lurah Dabo Ima, Lurah Dabo Lama Keizi Delvi, Lurah Sungai Lumpur Baihaki, Kades Batu Berdaun Zainal Ismail, para Pimpinan OPD atau yang mawakili di jajaran Pemerintah Kab Lingga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan sekitar 50 orang.

(Humas Pemkab Lingga/JH)

Post a Comment

Disqus