Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali




TEBING TINGGI, Realitasnews.com
– Pemko Tebing Tinggi menggelar Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2024 selama 2 hari, dari tanggal 7 hingga 8 Maret 2023 di Gedung Balai Kartini BP7 dan di Aula Bappeda.

Musrenbang tersebut dibuka oleh Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP di Gedung Balai Kartini Convention Center and Public Service, Jalan. Gunung Leuser BP7, Selasa (07/03/2023).

Musrenbang tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Tebing Tinggi Muhammad Azwar, S.Si., M.M, Wakil Ketua II DPRD Iman Irdian Saragi, S.E., Kajari Sundoro Adi, S.H., M.H , Kapolres AKBP. Muhammad Kunto Wibisono, S.H., S.IK., M.M., Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra,  Tarsudi, SP. M.Si Kabid Perekonomian dan SDA Balitbang Provinsi Sumut Tarsudi, SP. M.Si., Dekan Vokasi USU Prof. Dr. Isfenti Sadalia, S.E., ME., Kepala OPD atau mewakili, Asisten, Staf Ahli, Kabag, Kabid atau mewakili, Dr.(Cand.) Muhrina A.S. Hasibuan, S.Hut., M.Si. mewakili PT. Surveyor Indonesia dan tamu undangan

Dikesempatan itu, Pj Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP mengatakan pihaknya berharap agar benar-benar memperhatikan isu lokal yang dipadukan dengan program prioritas, baik program provinsi maupun program nasional lainnya.

"Hal ini perlu menjadi perhatian kita sebab kegiatan yang tidak tercantum di RKPD pasti tidak dapat dibiayai APBD. Namun program yang ada di RKPD selain di APBD bisa dibiayai melalui CSR," harapnya.

Ia berharap program prioritas Pemko Tebing Tinggi untuk kegiatan di tahun 2024 dapat segera tersusun dalam 2 hari ke depan.

“ Tahun ini merupakan tahun politik yang sudah pasti banyak menyerap anggaran APBD untuk kegiatan pesta demokrasi tersebut,” katanya.

Terkait hal tersebut, Pj. Wali Kota berharap kepada seluruh OPD dan stakeholder untuk benar-benar memanfaatkan APBD yang terbatas dalam rangka pembangunan Kota Tebing Tinggi ke depan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara yang dalam kesempatan ini diwakili Kadis Koperasi UMKM Ir. Suherman, M.Si. menyampaikan beberapa penekanan dalam Musrenbang ini.

Pertama, seluruh stakeholder harus memperhatikan target-target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatannya, seperti RPJMN, RPD Provinsi dan RPD Kota.

Kedua, memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun 2022 untuk melihat seberapa persen capaian pembangunan pada tahun 2022 yang telah tercapai.

Ketiga mempertimbangkan program-program strategis, baik di tingkat nasional maupun provinsi. Serta memperhatikan kondisi riil di daerah, mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis ke depan.

Selain itu, Kadis Koperasi UMKM juga berharap pelaksanaan Musrenbang ini bukan hanya formalitas, tetapi harus betul-betul membahas substansi perencanaan jangka pendek/ tahunan.  Sehingga perencanaan untuk tahun 2024 dapat tersusun dengan baik dan tepat sasaran,

"Sehingga akhirnya apa yang akan diharapkan oleh masyarakat benar-benar dapat terwujud," harapnya.

Sementara Wakil Ketua I DPRD Kota Tebing Tinggi Muhammad Azwar, S.Si., M.M. dalam sambutan menyampaikan apresiasi terkait acara Musrenbang dan berharap secara bersama-sama dapat mewujudkan harapan untuk Kota Tebing Tinggi yang lebih maju ke depannya.

"Kota Tebing Tinggi kota idaman terus maju berkembang. Mudah-mudahan acara kita diridhoi, dirahmati Allah SWT," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, S.Sos., M.SP. selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa Musrenbang RKOD tahun 2024 Kota Tebing Tinggi ini merupakan berkelanjutan tahun sebelumnya.

"Momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu startegis tahun 2024," ujar Kepala Bappeda.

Adapun tema Pembangunan tahun 2024 adalah "Peningkatan Pembangunan Kota Tebing Tinggi Melalui Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas, Peningkatan Infrastruktur Dan Penguatan Ekonomi Yang Berkelanjutan". (Jan)


Posting Komentar

Disqus