Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Realitasnews.com – Untuk mencegah terjadinya inflasi menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melakukan survey harga pasar dan pelepasan operasi pasar bahan kebutuhan pokok  di pasar Tradisional Sei Rampah, Jum’at, (3/5/2019).

Survey harga pasar ini juga dihadiri oleh Kapolres Sergai, AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Pabung 02/04 DS Mayor Inf. M. Sirait, Kepala OPD dan Camat.

“ Survey harga pasar ini dan pelepasan operasi pasar bahan kebutuhan pokok ini dilakukan untuk mengendalikan inflasi harga-harga komoditi pokok di daerah serta untuk mengetahui ketersediaan kebutuhan sembako bagi masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H,” kata Bupati  Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya.

Menurut Bupati Sergai dipilihnya pasar Sei Rampah untuk survey harga lantaran merupakan  pasar rakyat yang terdapat di ibu Kota Kabupaten Sergai sehingga dapat menjadi gambaran kegiatan perekonomian yang terjadi disuatu daerah.

“ Menjelang Ramadhan tahun ini, stok sembako cukup, bahkan kalau dilihat sebenarnya berlebih. Untuk harga bahan-bahan pokok stok aman dan harganya tergolong normal,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa pasar tradisional sekarang ini sudah menjadi tempat yang sangat dibutuhkan masyararakat karena menyediakan kebutuhan bahan pokok mulai dari sandang pangan dan papan semua tersedia dengan harga yang relatif dan terjangakau.

“Pada hari ini digelar pasar murah dan tidak difokuskan ke satu tempat saja, selain di Pasar Sei Rampah juga digelar di Pasar Pekan Tanjung Beringin sehingga masyarakat bisa menjangkau tanpa harus mengeluarkan ongkos transportasi lagi,” katanya.

Dalam operasi pasar murah ini beras dengan harga di pasar Rp 5 ribu,- kita lepas dengan harga Rp 51 ribu per karung berukuran 5 kg, gula pasir Rp13 ribu,- menjadi Rp10.500/kg.

Bupati Sergai menyebutkan pada bulan Ramadhan 1440 H nanti, operasi pasar juga diadakan di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Dari hasil peninjauan di pasar Sei Rampah harga beberapa bahan pokok seperti beras IR  64 Rp10.500/kg, minyak goreng kuning Rp10 ribu /kg, ayam boiler Rp 26 ribu /kg, ayam kampong Rp 35 ribu /kg, telur ayam buras Rp1.300/butir dan telur itik Rp 1.700/butir.

Sedangkan cabai merah masih dikisaran harga Rp 38 ribu /kg, cabai kecil Rp 35 ribu /kg, cabai hijau Rp 30 ribu /kg. Untuk bawang merah Rp 33 ribu /kg, bawang putih Rp 70 ribu /kg, kentang Rp 9 ribu /kg, tomat Rp 12 ribu /kg. Kemudian harga ikan tongkol Rp 24 ribu /kg, ikan gembung Rp 30 ribu /kg, daging sapi Rp 120 ribu /kg, daging kambing Rp 85 ribu /kg.

( Ril/Jan)

Posting Komentar

Blogger Disqus