Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Tri wahyu Rubianto didampingi Kepala Sekolah SMPN 26 Zefmon Prima Putri, SPd serahkan Trofi kepada siswa SMPN 26 ( F/Ist)


 

BATAM, Realitasnews.com - SMP Negeri 26 Batam dengan segudang prestasinya bukan menjadi  rahasia lagi di masyarakat  kota Batam khususnya di kalangan pendidikan, namun  jarang yang mengetahui rahasia dan kiat sekolah   tersebut mendapatkan berbagai prestasinya.

Kepala sekolah SMPN 26 Batam, Zefmon Prima Putri, SPd, menyebutkan salah satu kiat sukses sekolah  nya tersebut adalah adanya  inovasi "TONGKOL PRESTO".

Bukan nama makanan, Tongkol Presto adalah singkatan dari Tongkrongan Kolaborasi Prestasi Orang 26, ini adalah Inovasi non digital yang  dikembangkan pihak  sekolah dalam menggali potensi yang  dimiliki para siswa disana.   

Tongkol Presto ini menjadi wadah bagi seluruh warga smp negeri 26 Batam untuk saling berkolaborasi dengan masyarakat ,stakeholder dan alumni yang selalu memberikan  dukungan dalam memaksimalkan potensi yang ada.

“Tongkol Presto adalah satu inovasi yang kami kembangkan untuk menggali potensi seluruh keluarga  besar SMPN 26, baik itu  guru maupun siswa,” kata Zefmon pada Sabtu (4/5/2024).

Dengan Inovasi Tongkol Presto ini, setiap hari murid dan para guru terlibat interaksi diluar jam pelajaran, maupun pada jam-jam istirahat, sehingga apapun inovasi maupun ide-ide  positif  para siswa terjaring, dan bisa dikembangkan untuk mengejar prestasi, yang tentunya mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah.

 “Karena keterbatasan tempat, kita pergunakan tempat mana saja, seperti perpustakaan,  ruang osis, meja meja diskusi yang ada di sekolah bahkan ruang  kepala sekolah bisa menjadi tempat diskusi bagi anak anak,” kata Zefmon.

Ketua inovasi Tongkol Presto, Ratmeli Storina SPd, menyebutkan dengan adanya  inovasi ini,  terjadi perubahan perubahan signifikan diantaranya peran wali murid,masyarakat stakeholder dan alumni lebih optimal sehingga SMPN 26 semakin maksimal dalam menggali potensi para siswanya.

“Tongkol Presto 26 berkomitmen dalam mendukung , memfasilitasi, membimbing dan mendampingi peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya,”sebut Ratmeli.

Koordinator Inovasi Tongkol Presto, Ervana  Apriani Spd menjelaskan, inovasi ini terbentuk dilatarbelakangi   penghapusan status sekolah unggulan dari SMP N 26 dan penerimaan peserta didik baru sudah diatur  diseluruh sekolah negeri di Batam yakni menggunakan  jalur  zonasi, afirmasi dan prestasi,  dimana sebelumnya PPDB di SMP 26 berdasarkan nilai.

“Dulukan  anak yang diterima   nilainya bagus bagus, namun setelah berlaku sistem zonasi,afirmasi dan Prestasi, maka seluruh siswa  yang  diterima sudah  melebur baik yang pintar maupun yang kurang, begitu juga jumlah siswa nya juga semakin banyak, ditambah masa pandemi, sehingga belajar tidak maksimal.” unkap Ervana.

Adanya perubahan  sistem PPDB membuat   pihak sekolah SMPN 26 mencari cara bagaimana agar  potensi anak tetap bisa digali,  karena  menurut  pihak sekolah, seluruh anak pasti punya potensi dalam diri masing- masing.

“Dari tongkrongan dan obrolan sesama guru , maka kami berusaha berkolaborasi dengan seluruh  pihak yang ada di sekolah, orang  tua dan komite   untuk bekerja sama, sehingga prestasi itu tetap muncul setiap waktunya, intinya begitu nongkrong pasti menghasilkan ide,”lanjutnya.

Tongkol Presto ini terbukti menghasilkan begitu banyak prestasi  dan penghargaan yang diraih SMPN 26 Batam  baik itu dibidang  akademik, digital,  Olahraga, seni dan budaya .

Tidak hanya inovasi Tongkol Presto, satu lagi inovasi yang dikembangkan SMPN 26 adalah Inovasi KRISTAL  singkatan dari Kreativitas Siswa secara Digital.

“Jadi Inovasi Kristal ini,seluruh  kegiatan   anak anak diupload secara digital, kalau dulu ada kegiatan  di tempelkan di majalah dinding atau mading, sekarang mading secara digital.”kata Zefmon.

Setiap  hasil karya dan kreatifitas  para siswa selanjutnya  akan digitalkan dan  diterbitkan per edisi yang akan ditampilkan di aplikasi Tanjak 26.

Aplikasi Tanjak 26 merupakan inovasi dari SMPN 26 Batam yang di Launching  pada tanggal 11 januari 2023 lalu dan  meraih penghargaan kategori inovasi digital  terbaik ke-3 tingkat kota Batam.(red/Ink)

 

Posting Komentar

Disqus