Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Puluhan Pencari Suaka Mendatangi Kantor DPRD Kota Batam
Pengungsi Pencari Suaka Mendatangi Kantor DPRD Kota Batam (Foto : Parulian)

BATAM, Realitasnews.com – Puluhan pengungsi  pencari suaka mendatangi kantor DPRD kota Batam pada Rabu (22/9/2021) di Batam Center, Batam. 

Tujuan kedatangan mereka agar diperhatikan dan difasilitasi agar mendapat suaka dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sehingga dikirim ke negara ketiga yang bersedia menerima mereka menjadi warga negaranya.

Salah seorang pengungsi,  Huseini warga negara Afganistan yang sudah fasih berbahasa Indonesia saat ditemui sejumlah awak media mengatakan mereka mendatangi kantor DPRD Kota Batam agar nasib mereka dapat lebih diperhatikan.

"Selama ini kami sudah beberapa kali minta tolong untuk dibantu namun tidak ada jawaban yang jelas kapan kita pindah enggak bisa dipastikan jadi kita bingung sampai berapa lama lagi kita di berada dipenampungan ,"kata Huseini.

Ia menjelaskan bahwa mereka sudah sangat lama berada dipenampungan, ada yang suami istri bahkan ada yang punya anak dan melahirkan di Kota Batam ini. Namun tidak ada hak resmi dari lndonesia dan identitas dari anak mereka.

"Intinya kedatangan kami supaya kami dapat diperhatikan mendapat suaka dan mendapat status kewarga negaraan di Negara ke tiga. Untuk balik ke nagara kami di Afghanistan tidak mungkin sebab situasinya di sana masih terjadi komplik,” katanya.

Huseini menjelaskan jumlah mereka dipenampungan saat ini ada sekitar 100 orang berasal dari beberapa negara dan mayoritas berasal dari Afghanistan selebihnya dari : Sudan, Somalia. Mereka kini diinapkan di htel Kolekta Nagoya dan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Sekupang, Kota Batam.
Para pengungsi ini tidak dapat bertemu dengan anggota DPRD Kota Batam lantaran surat yang ditujukan ke DPRD Kota Batam harus diperbaiki terlebih dahulu. (Lian)


Post a Comment

Disqus