Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Penggunaan Bahasa Melayu Kepri di Kebandaraan Hang Nadim Segera Terlaksana


BATAM, Realitasnews.com –  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan ada 10 unsur yang tercantum didalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), diantaranya, manuskirip, tradisi lisan, adat istiadat, Ritus, pengetahuan tradisional, seni, bahasa, permaianan rakyat,  olahraga tradisional  teknologi tradisional,  

“ Melalui Bandara Udara Internasional Hang Nadim, Disbudpar meminta pengunaan bahasa Melayu Kepri untuk informasi kebandaraan,” kata Ardiwinata saat menemui Direktur Bandar Udara Hang Nadim dan Teknologi Informasi Komunikasi, Amran, Kamis (2/9/2021). 

Kunjungannya itu dalam rangka mensosialisasikan Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu, 

"Hari ini  pertemuan  dengan Direktur Bubu Hang Nadim, membicarakan di bandara akan digunakan komunikasi  bahasa Melayu untuk informasi kebandaraan ," katanya.

Ardi menyampaikan, Disbudpar terus berinovasi untuk mengenalkan budaya Melayu kepada wisatawan. 

"Selama ini  dengar dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris, nantinya akan ada bahasa Melayu Kepri  ujarnya

Ardi mengatakan inovasi ini secepatnya terealisasi juga berkat dorongan DPRD Kota Batam yang membidani Perda tersebut,  Selain pengunakan bahasa Melayu, Disbudpar juga bakal menyuguhkan musik Melayu dan display pakaian Melayu bagi wisatawan di pintu kedatangan.

"Tiba di pintu kedatangan pengunjung bisa foto mengunakan baju Melayu," terangnya.

Direktur Bandar Udara Hang Nadim dan Teknologi Informasi Komunikasi, Amran menyambut baik kedatangan dari Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata dan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disbudpar Kota Batam, Muhammad Zen. Amran mengatakan usulan informasi berbahasa Melayu tidak melanggar ketentuan. Menurutnya inovasi ini dapat mengangkat kearifan lokal akan dibahas secara tekhnis. Pungkasnya

Amran juga berkisah tentang Bandara di Incion  Korea Selatan tempatnya menuntut ilmu,
" dalam masa tertentu ada pertunjukan seni korea berupa parade pertunjukan tradisional khas Korsel di Bandara, ini sangat menghibur, imbuhnya.

"Disbudpar silahkan memberikan suatu hal yang baru seperti peminjaman baju Melayu sehingga ada suasana baru di Hang Nadim, kita siapkan space untuk berpromosi," ujarnya. (MC)

Posting Komentar

Disqus