Ads (728x90)



Dilihat 0 kali

Pengurus Dekranasda Provinsi Kepri dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/ Kota Masa Bhakti 2021-2024 Dilantik Sekaligus Gelar Musda

TANJUNG PINANG, Realitasnews.com - Gubernur H. Ansar Ahmad akan memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap program Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) karena merupakan mitra strategis Pemerintah Daerah. Gubernur Ansar berharap agar dapat selalu bersinergi dengan tujuan membangun ekonomi Kepri dengan semboyan membangun ekonomi dengan kebangkitan UMKM dan IKM.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, ekonomi pasti mengalami degradasi. Namun itu tidak boleh membuat kita putus asa. Justru dengan kondisi ini kita harus membangun kreativitas dan inovasi. Tidak hanya inovasi produk, namun juga inovasi pemasaran,” kata Gubernur Ansar pada Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau Dan Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota Masa Bhakti 2021-2024 Disejalankan Dengan Musda Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Kamis (29/4)

Acara pelantikan ini juga disejalankan dengan Musyawarah Daerah Dekranasda Provinsi Kepri dan Kabupaten / Kota. Gubernur Ansar berharap saat musda nanti agar dibahas semua persoalan yang selama ini menjadi hambatan bagi pelaku UMKM dan IKM baik persoalan permodalan, manajerial pengelolaan usaha, peningkatan kualitas mutu produk agar mampu masuk ke pasar di berbagai tingkatan, dan persoalan aksesibilitas pasar.

“Karena kita berada di era industri 4.0, maka digitalisasi pemasaran produk harus menjadi perhatian penting. Saya berharap agar Dekranasda mampu segera melahirkan platform-platform pemasaran dengan melibatkan milenial kita. Agar di era Covid sekalipun produk-produk unggulan dapat dipasarkan dengan baik,” ujar Gubernur Ansar.

 Pengurus Dekranasda Provinsi Kepri dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/ Kota Masa Bhakti 2021-2024 Dilantik Sekaligus Gelar Musda

Di tahun 2022 Pemprov Kepri akan membangun etalase besar untuk menghimpun semua produk UMKM dan IKM dengan kualitas baik, dan akan diberikan ruang disana untuk menjadi pasar produk unggulan. Secara bertahap juga akan membangun packaging house di Kabupaten dan Kota agar performance produk unggulan dapat menembus pasar berbagai tingkatan.

“Saya yakin kalau ini kita polakan dengan baik, insya Allah kekuatan ekonomi baru yang bersumber dari pengembangan UMKM dan IKM di kepri dapat diwujudkan dan dapat menjadi andalan ekonomi masyarakat. Mari jadikan ini sebagai momentum penting bagi kita semua dengan semangat dan kualitas baru untuk membangkitkan ekonomi kepri,” tutup Gubernur Ansar.

SK Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau dibacakan oleh Wakil Sekjen Dekranas Pusat Sondang Pasaribu dengan Nomor : 17/Dekran/SK/IV/2021 tentang Susunan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2021-2024 yang menetapkan Hj. Dewi Kumalasari Ansar Ahmad sebagai Ketua, Dwi Kori Handayani Lamidi sebagai Wakil Ketua, dan Kadisperindag Kepri sebagai Ketua Harian.

Sedangkan SK Pengangkatan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se Kepri dengan Nomor : 01/Dknd-Kepri/SK/IV/2021 menetapkan Hj. Deby Maryanti Apri Sujadi sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Maratusholiha Nizar sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga, Heryana Abdul Haris sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Anambas yang dilantik secara langsung dan Hj. Marlin Agustina sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam serta Hj. Raja Azmah Aunur Rafiq sebagai ketua Dekranasda Kabupaten Karimun yang dilantik secara virtual, masa bakti 2021-2024.

Ketua Dekranasda Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan Musda Dekranasda ini adalah sebagai pelaksanaan salah satu amanat Munas Dekranas yang telah dilaksanakan pada Agustus 2020 yang lalu.

“Tujuannya antara lain mensosialisasikan penyempurnaan AD/ART serta menyusun program kerja tahun anggaran 2021 yang dapat menjadi pedoman Dekranasda Provinsi Kepri serta Kabupaten Kota se-Kepri,” jelas Dewi.

Kemudian Dewi menyampaikan fungsi Dekranasda sebagai wadah pembinaan seni kerajinan, pembinaan dan pengembangan anggotanya, peningkatan kontribusi industri kerajinan, dan sarana menghimpun potensi para pemangku kepentingan.

“Dalam rangka mewujudkan fungsi tersebut, perlu dilakukan langkah fasilitasi dan pembinaan terhadap para pengrajin dalam upaya meningkatkan daya saing. Untuk itu perlu langkah-langkah koordinatif sebagai upaya pengembangan produk kerajinan daerah,” kata Dewi.

Turut hadir dalam acara ini Sekdaprov H.T.S. Arif Fadillah, Bupati Lingga M. Nizar, Kepala Perwakilan BI Kepri diwakili Kepala Tim Asisten Direktur Mualam Nur, Para Ketua Persatuan Ikatan Istri Forkopimda Kepri, Para Asisten, Kepala OPD, Staf Ahli Gubernur, Staf Khusus Gubernur, dan Sekjen Dekranas Pusat Gati Wibawaningsih yang hadir secara virtual. (Red)



Post a Comment

Disqus