Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



SERGAI, Realitasnews.com – Bertempat di kantor Bappeda kabupaten Sergai, Plh Bupati Sergai H.M Hasrimy,AP,MAP menghadiri rapat dengan Pemkab Deli Serdang dan Pemprov Sumut pada Senin (22/2/2021).

Rapat itu juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sergai Ir. Hj. Prihatina, M.Si, Kadis Poraparbud Sergai Sudarno S.Sos, Mewakili Dinas PMD Provsu dan Deli Serdang, Mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu dan Deli Serdang serta Mewakili Bappeda Deli Serdang.

Dalam rapat itu, Pemkab Sergai Bersama Deli Serdang dan Pemprov Sumut siap Tingkatkan Sektor Wisata.

Dalam sambutannya Plh. Bupati Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP menyampaikan bahwa Kabupaten Sergai memiliki potensi pariwisata yang masih perlu dimaksimalkan. Ia menyakini kalau potensi ini akan tergali maskimal jika setiap pihak yang terlibat di dalamnya dapat membentuk mindset atau pola pikir yang berkesinambungan dalam mengelola sumber daya yang sudah ada, utamanya pada aspek packaging.
“ Mari berpikir untuk meningkatkan kualitas dari modal yang sudah dipunyai. Bisa melihat dan belajar dari banyak sumber untuk ini. Terapkan prinsip ATM: amati, tiru dan modifikasi,” katanya.
Faisal mengatakan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur kosentrasi dalam menggali potensi-potensi luar biasa dari wisata yang tersebar di Provinsi Sumut.

Maka dari itu, rasanya naif sekali kalau Pemda tidak ikut berinisiatif dalam mengemas pariwisata yang ada di daerah masing-masing. Hari ini pihak provinsi yang diwakili bidang terkait hadir. Hal ini menunjukkan jika mereka sangat peduli kepada Pemda. Kepedulian itu juga bisa dilihat dari program-program baik yang mereka canangkan demi menggenjot sektor pariwisata. Untuk itu ayo dukung dengan tindakan.

Setiap kegiatan yang dilaksanakan dalam bidang apapun tidak berakhir hanya sebagai acara seremoni. Bukan masanya lagi setiap kegiatan dan rencana hanya terhenti sebagai seremoni belaka. Harus benar-benar diusahakan bagaimana konsep dan rencana bisa diubah menjadi hal yang konkrit. Kita harus berorientasi pada tindakan, ciptakan lompatan besar.

Semenatara itu Ika Hardina Lubis (Kasubbid Ekonomi, Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman, dan SDA-Bappeda Sumatera Utara/Mewakili Bappeda Provsu dalam kesempatannya menerangkan jika sektor pariwisata Provsu mengalami penurunan yang sangat tinggi selama masa pandemi, bahkan mencapai persentase 90% lebih.
Menyikapi hal tersebut, Gubernur Sumut merasa perlu untuk dilakukan optimalisasi destinasi wisata unggul, penciptaan destinasi wisata baru dan penguatan desa wisata sebagai strategi percepatan pembangunan ekonomi Sumut

Lebih lanjut Ika Hardina mengatakan ada 8 indikator pembangunan desa wisata, yang merupakan salah satu prioritas, di Sumut yaitu penyusunan masterplan, grand design dan DED, promosi wisata dan pelatihan SDM Pariwisata, Penataan Kawasan, Pelatihan UMKM dan promosi produksi UMKM, pelatihan IKM dan promosi produk IKM, pembentukan dan pendampingan BUMDes, pembangunan infrastruktur dasar, pelatihan dan pendampingan masyarakat seperti pemberian bantuan alat pertanian, pemberian bibit dan lain sebagainya dan terakhir penataan lingkungan hidup.

Di Sergai sendiri ada 3 destinasi Desa Wisata utama yaitu di Pulau Berhala, Desa Melati II dan Kampung Nipah di Desa Sei Nagalawan. Tentu diberharapkan, melalui pertemuan ini, semua pihak bisa mencapai konklusi yang positif terhadap pariwisata di Sumut sehingga wisatawan tidak lagi hanya mengetahui perihal Danau Toba saja, namun juga destinasi yang tersebar di banyak daerah di Sumut. (Jan) 

Posting Komentar

Disqus