Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Baznas Kota Tanjungpinang Distribusikan Dana Zakat Kepada Mustahik di Kelurahan Kampung Bugis


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com  - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang, distribusikan dana zakat yang terkumpul dari Aparatur Sipil Negara di lingkup pemerintah Kota Tanjungpinang, Jumat (25/2/2021).

Zakat berupa beras disalurkan kepada mustahik di Kelurahan Kampung Bugis. Penyaluran zakat dilaksanakan di lima masjid, di antaranya Masjid Al Buchori, Sei Ladi Darat, Masjid Al Kautsar Tanjung Lanjut, Masjid Khadijah Zainal Nurul Haq Kampung Bugis, dan Masjid Mujahiddin Kampung Bugis.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, program Jumat Berkah, Sebutir Beras, Segenggam Kasih Sayang ini adalah bentuk keikhlasan seluruh pegawai Pemko Tanjungpinang, yang gajinya dipotong 2,5% setiap bulannya untuk zakat profesi ke Baznas Kota Tanjungpinang.

Menurut dia, zakat ini bukti keikhlasan pegawai pemko untuk saling tolong menolong, sekaligus menjadi perwujudan ibadah seseorang kepada Allah SWT.

"Beras ini bukan dari dana APBD, melainkan dari zakat 3.000 ASN yang gajinya dipotong untuk disalurkan kembali kepada hamba Allah atau asnaf zakat di Kota Tanjungpinang," ucap Rahma.

Nantinya, lanjut Rahma, setiap bulan program jumat berkah akan menyasar 18 kelurahan secara bergilir. Seperti bulan ini di masjid Kelurahan Kampung bugis, bulan depannya bisa ke Kelurahan Dompak.

"Jadi akan terus berputar untuk membantu masyarakat yang berhak menerima zakat, dan pegawai pemko ikut langsung membagikannya," tutup dia.

Selain beras, Rahma mengatakan, zakat pegawai ini juga diberikan dalam bentuk program lainnya seperti pendidikan, usaha UMKM, dan rehab rumah.

Ia mencotohkan, program ini bisa membantu warga yang punya kendala dalam pembayaran uang sekolah, rehab rumah yang kondisinya memprihatinkan, maupun warga yang usahanya tidak bisa berjalan.

"Nanti, kita bantu bayarkan ke sekolah langsung, kita rehab rumahnya, dan juga kita bawa perlengkapan usahanya. Karena ini, bukan dari APBD, tapi dari zakat pegawai pemko," ujar dia.

Lewat zakat ini, pemko berusaha membantu warga yang termasuk asnaf, tanpa melalui proses panjang, tapi cepat dan tepat. "Apalagi saat pandemi ini, kita ingin roda perekonomian terus bergerak. Jadi, jika ada silakan lapor ke kelurahan," tambah dia.

Dalam kesempatan itu, Rahma juga memohon doa agar seluruh pegawai Pemko Tanjungpinang diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat Kota Tanjungpinang.

Sebelumnya, Kepala Baznas Kota Tanjungpinang, Muqtafin, menyebutkan, zakat yang berasal dari ASN pemko ini, disalurkan kepada mustahik dalam bentuk beras. Jumlahnya 307 mustahik yang terdaftar di lima masjid di Kelurahan Kampung Bugis.

"Alhamdulillah, Baznas menyediakan 500 karung, berisi 10 kg beras. Sebagai persiapan jika ada mustahik yang belum menerima, sehingga tidak ada yang terlewatkan," ucap dia.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada ASN dan wali kota Tanjungpinang yang selalu mendorong dan menyemangati ASN untuk menyampaikan zakatnya melalui Baznas.

"Sehingga Baznas bisa mengumpulkan dan menyalurkannya kepada seluruh mustahik di Kota Tanjungpinang," tutur dia.

Sementara itu, Aminah, warga Sungai Ladi, salah satu mustahik mengaku bersyukur dengan adanya program Jumat berkah, sebutir beras segenggam kasih sayang ini. Menurut dia, zakat beras ini sangat membantu dirinya dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Saya bersyukur, semoga Allah memberikan keberkahan kepada pegawai Pemko Tanjungpinang," ucap dia. (Tri/Red)
 

Posting Komentar

Disqus