Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Fhoto : Istimewa


JAKARTA,  - Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 berisikan sejumlah atlet veteran dengan jam terbang tinggi. Berikut empat atlet berpengalaman Indonesia.

Kontingen Indonesia yang dibebankan target 45-50 emas juga berisikan sejumlah atlet-atlet berpengalaman yang telah malang-melintang di SEA Games.

Beberapa atlet bahkan sudah pernah tampil di SEA Games lebih dari 10 tahun yang lalu.

Berikut lima atlet veteran Indonesia dengan jam terbang tinggi dan penuh prestasi di SEA Games 2019:

1. Triyaningsih (Atletik)

Triyaningsih adalah ratu lari jarak jauh Asia Tenggara yang kini berusia 32 tahun. Ia adalah langganan peraih emas untuk nomor 5.000 dan 10 ribu meter. Ia bahkan mengawinkan dua emas itu pada SEA Games 2007 dan 2009.

Catatan Triyaningsih makin terasa spektakuler di SEA Games 2011 karena ia juga mampu meraih emas nomor maraton, di samping kemenangan di nomor 5.000 dan 10 ribu meter.

Triyaningsih memperoleh medali emas 10 ribu meter dan perak 5.000 meter di SEA Games 2013 dan kembali mengawinkan emas 5.000 dan 10 ribu meter di SEA Games 2015.


2. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

Eko Yuli Irawan adalah salah satu atlet kelas dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Kiprah Eko bukan hanya terbatas di ajang SEA Games, melainkan juga di Asian Games dan Olimpiade.

Eko bahkan telah mengumpulkan satu medali perak dan dua perunggu dari tiga Olimpiade yang pernah ia ikuti. Meski sudah berusia 30 tahun, Eko masih layak dijagokan karena dia adalah pemenang Asian Games tahun lalu.

3. Ryan Lalisang (Boling)

Ryan Lalisang yang saat ini sudah berusia 39 tahun telah jadi bagian dari kontingen Indonesia pada lebih dari satu dekade lalu. Ryan adalah pemenang medali emas nomor tunggal putra pada SEA Games 2005 yang juga berlangsung di Filipina.

Setelah 14 tahun berlalu, Ryan masih dipercaya masuk dalam kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019. Dalam kurun waktu tersebut, Ryan rutin menyumbang medali bagi Indonesia, baik di nomor ganda, trio, tim lima orang, dan Masters.

4. Greysia Polii (Badminton)

Greysia Polii juga merupakan salah satu pemain yang berpengalaman dalam kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019. Greysia sudah tampil di SEA Games 2005 yang juga berlangsung di Filipina.

Greysia Polii menjadi pemain senior di tim badminton Indonesia. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Dengan usia menginjak 32 tahun, Greysia sudah mempersembahkan banyak medali bagi Indonesia di berbagai multi event, termasuk emas Asian Games 2014.

Greysia yang berpasangan dengan Apriyani Rahayu bakal berusaha keras merebut medali emas SEA Games yang juga bisa jadi modal kebangkitan mereka untuk menghadapi Olimpiade tahun depan.

5. Susanto Megaranto (Catur)

Dari cabang olahraga catur, nama Susanto Megaranto menjadi yang paling senior di antara 10 atlet catur yang dikirim ke SEA Games 2019. Susanto pun termasuk dalam daftar atlet veteran karena sudah memasuki 32 tahun.

Susanto pernah mencatatkan diri sebagai pecatur termuda Indonesia yang mendapat gelar grandmaster ketika masih 17 tahun.

Kiprah Susanto di SEA Games sudah dimulai ketika memperkuat kontingen Merah Putih pada SEA Games 2003 di Vietnam. Pada tahun ini, atlet asal Jawa Barat itu akan turun di nomor catur cepat. 

(cnn.indonesia.com)

Post a Comment

Disqus