Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com
– Pemerintah saat ini sangat menyarankan agar seluruh masyarakat Indonesia untuk gemar makan ikan. Sebab mengkonsumsi ikan itu sangat penting pada tubuh kita, selain ikan lebih cepat dicerna oleh tubuh, ikan juga memiliki berbagai macam manfaat diantaranya membantu pembentukan otak, menyehatkan kulit dan rambut, menyehatkan jantung, menyehatkan tulang, menyehatkan mata dan mencegah alzheimer.

"Di Indonesia kita memiliki hasil ikan yang melimpah ruah banyaknya, maka dari itu sebagai masyarakat Indonesia marilah kita sejak dini membiasakan mengkonsumsi ikan, sehingga tubuh kita menjadi sehat," kata  Ketua Tim Verifikasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan  (Gemarikan) Nasional Soen'an Hadi Purnomo saat berkunjung ke kabupaten Asahan yang diambut Pemkab Asahan di Aula Kantor Dinas Perikanan Kab. Asahan, Selasa (12/11/2019).

Soen'an Hadi Purnomo berharap agar kita selalu menjaga kebersihan dan kelestarian laut dan sungai yang merupakan habitat dari ikan

“ Saya atas nama pribadi dan sebagai Ketua Tim Verifikasi Gemarikan Nasional mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada pihaknya di Kabupaten Asahan ini,” katanya.

Tim Verifikasi Gemarikan Tingkat Nasional itu disambut oleh Bupati Asahan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si, Kepala Dinas Perikanan Kab. Asahan, Kepala Dinas Pertanian Kab. Asahan, Kepala Dinas Kominfo Kab. Asahan, Perwakilan TP PKK Kab. Asahan dan tamu undangan lainnya.

Bupati Asahan, H Surya Bsc dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si mengatakan masyarakat Asahan merupakan salah satu kabupaten di Sumut yang mempunyai potensi Perikanan dan Kelautan yang cukup besar. Dengan tingkat konsumsi ikan mengalami peningkatan setiap tahunnya, Tahun 2016 sebesar 43,20 Kg/KAP/Tahun. Tahun 2017 sebesar 44,01 Kg /KAP/ Tahun dan tahun 2018 sebesar 44,87 Kg/KAP/Tahun dengan rata-rata konsumsi ikan di Asahan 150 gram per orang /hari.



Kabupaten Asahan memiliki luas 379.939 hektardan Pesisir Pantai sepanjang kurang lebih 67 klilometer dari gambaran tersebut prosfek pembangunan perikanan kabupaten Asahan dinilai sangat cerah dan berpotensi guna peningkatan konsumsi ikan akan lebih mudah terwujud apabila didukung seluruh komponen terkait .

Lebih lanjut dikatakannya Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkomsumsi ikan secara teratur  dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuknya manusia Indonesia  yang sehat, kuat dan cerdas.

Gemarikan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkomsumsi ikan. Sehingga perlunya mengkampanyekan Gemarikan mulai anak TK dan Sekolah Dasar, melalui Gemarikan ini diharapkan adanya kesadaran masyarakat dan pembiasaan dalam rangka mengaselarasi peningkatan komsumsi ikan masyarakan melalui memasyarakat makan ikan yang bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dengan meliibatkan seluruh elemen masyarakat.
 
Dipenghujung sambutannya Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada Tim Verifikasii calon penerima penghargaan Gemarikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI beserta rombongan atas memverifikasikan Forikan.

“ Kami berharap Tim Verifikasi memberikan penilaian terbaik untuk Forikan Kabupaten Asahan,” tutupnya.

Pada  kesempatan itu Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Kab. Asahan  Ny. Hj. Derliana John Hardi Nasution menyampaikan eksposnya kepada Tim Verifikasi.
 
(Nes)

Post a Comment

Disqus